Tanda-tanda Orang Pelit, Bukan Hemat

JogjaUpdate.com (17/9/17), Jangan salah membedakan mana yang hemat mana yang pelit, walaupun agak-agak mirip. Orang hemat belum tentu pelit, namun orang pelit jelas pasti sangat berhemat. Coba perhatikan lagi apakah ada tanda-tanda orang pelit dalam diri kamu?

Baik pelit dan hemat, keduanya jangan disamakan. Berikut ini tanda-tanda orang pelit bukan orang hemat menurut yang dimuat DuitPintar.com:

1. Tidak pernah memberi tip

Memberikan uang tip memang bukan budaya Indonesia, padahal di beberapa negara dianggap sebagai bentuk apresi terhadap jasa atau layanan. Orang yang berhemat akan menimbang-nimpang perlu tidaknya memberi tip, kalau memang puas akan memberikan. Sedangkan orang pelit, mau sebagus apapun layanannya tidak akan memberi tip sedikitpun.

2. Tidak rela keluar uang untuk hal yang memang dibutuhkan

Kebutuhan harus dibedakan dengan keinginan, boleh saja menunda pengeluaran untuk keinginan. Namun tidak mau mengeluarkan uang untuk sebuah kebutuhan, rasanya tidak bijaksana. Misalnya baju anak mulai sempit, seharusnya alokasi uang untuk membeli baju baru. Kalau tidak kan kasihan anak kesimpitan pakai baju.

3. Mengindari Kewajiban Pajak

Ini biasanya terjadi saat makan bersama di restoran yang biasa dikenai padak resto 10 persen. Namun pajak biasanya belum dimasukan dalam daftar harga dalam mennu. Saat membayar makanan, orang pelit cuma meberikan uang sebesar yang terlulis dalam menu. Yang akhirnya teman-teman lainnya harus patungan membayari pajaknya.

4. Yang Penting Diskon

Membeli barang saat diskon memang bisa dilakukan untuk berhemat. Namun bukan hemat namanya kalau beri barang diskonan yang kualitasnya buruk. Harga dan kualitas harus dipertimbangkan secara sebanding, jangan cuma cari murah saja. Alhasil karena murah dan kualitasnya buruk, barang jadi gampang rusak dan harus membeli lagi.

5. Tidak Mau Rugi Sepeser Pun

Belanja di warung kembalian kurang 100 ruiah pun ditagih sambil marah-marah. Teman berhutang 1000 rupiah pun diteror siang malam untuk membayarnya. Ini tandanya kamu bukan hemat, tapi pelit.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like