SNMPTN 2017, Ini Kuota UGM, UNY, UPN dan UIN Yogyakarta

JogjaUpdate.com (21/2/17), Untuk teman-teman pelajar yang mau cari perguruan tinggi negeri di Jogja harus sudah bersiap-siap. Karena rangkaian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk tahun 2017 ini telah dimulai. Namun harus diingat kalau perguruan tinggi negeri memiliki kuota untuk SNMPTN 2017.

SNMPTN merupakan seleksi secara nasional berdasarkan hasil prestasi akademik menggunakan rapor semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA/SMK/MA atau sederajat serta portofolio akademik. SNMPTN 2017 dimulai sejak 14 Januari dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Sedangkan pendaftaran di mulai pada tanggal 21 Februari hingga 6 Maret 2017.

Menurut yang dirilis Jogja.Tribunnews.com, pada tahun 2017 ini, empat perguruan tinggi negeri di Jogja ini menyediakan kuota mahasiswa baru. Untuk UGM akan menerima 6.627 mahasiswa, UPN menerima 2.320 mahasiswa. Kemudian UIN Sunan Kalijaga menerima 3.372 mahasiswa dan UNY menerima 4.656 mahasiswa.

Namun kuota diatas merupakan kuota total penerimaan mahasiswa baru di tahun 2017 ini. Dan masih dibagi lagi menjadi 3 jalur yang telah ditentukan. Untuk Jalur SNMPTN bakal dibuka 30% dari kuota tersebut. Sedangkan untuk SNMPTN sejumlah 40% dan Seleksi Mandiri ada 30%.

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Selain jalur SNMPTN, ada dua lagi jalur masuk ke perguruan tinggi negeri di Jogja. Yang pertama adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis dan ujian keterampilan. Kemudian ada Seleksi Mandiri yang bakal diselenggarakan dan diatur oleh masing-masing perguruan tinggi negeri tersebut.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like