Puncak Musim Kemarau Terjadi Agustus Ini

-antarafoto.com-

Panas menyengat pada siang hari dan dingin pada malam hari menjadi pertanda musim kemarau tiba. Ini yang sedang terjadi di Jogja akhir-akhir ini.

Menurut TRC BPBD DIY melalui akun Twitternya (@TRCBPBPDDIY),  menjelaskan bahwa minggu ini adalah puncak musim kemarau. Musim kemarau berciri siang panas menyengat dan malam hari dingin sekali. Siang hari panasnya bisa mencapai 34 derajat Celcius, sementara malam hari mencapai 23 derajat Celcius.

terkadang pada malam hari dinginnya lebih dingin dari musim hujan. Ini dikarenakan pada siang hari bumi menyerap panas yang diradiasikan oleh matahari. Karena sifat daratan yg dapat menahan panas lebih lama, maka panas tersebut tersimpan dalam bumi. Ketika malam hari saat panas tidak lagi diserap, maka bumi akan melepaskan panas itu keluar ke atmosfer. Hal ini akan mengakibatkan bumi kehilangan panasnya dalam jumlah besar. Sehingga suhunya turun dan dirasakan terasa lebih dingin.

Minggu ini merupakan puncak musim kemarau.Diperkirakan akan berakhir pada awal September. Sebaiknya masyarakat jika beraktifitas diluar rumah untuk memakai jaket pada malam hari. Sedangkan pada siang hari disarankan gunakan masker untuk menghindari debu dan mencegah udara panas kering terhisap berlebihan.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like