Penjelasan Mengenai Pemberlakuan SIM C Khusus Moge

JogjaUpdate.com (10/5/17), Kabar terbaru buat kamu pengendara sepeda motor gede (Moge), Surat Izin Mengemudi (SIM) C kini diklasifikasi berdasarkan kapasitas mesinnya. Setelah dicanangkan beberapa waktu lalu, kini SIM C khusus Moge ini mulai ada kejelasannya.

Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) mulai memberikan informasi kejelasan dari berlakuknya klasifikasi SIM C ini. Dimana SIM C akan diberlakukan pengggolongan SIM C, CI dan CII, yang akan diimplementasikan secara bertahap. Namun sudah berlaku atau belum sih SIM C Kuhus moge ini?

Menurut yang diberitakan Otomania.com, Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, implementasi baru dilakukan di beberapa Polda. “Mengenai kapan diimplementasikan di seluruh wilayah Indonesia saya juga belum tahu, tetapi sudah mulai secara bertahap,” ungkapnya.

Chryshnanda juga mengungkapkan kalau peraturan pemerintah (PP) tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sudah ditetapkan. Begitu juga dengan tarif penerbitan dan perpajangan SIM C, C1 dan CII juga telah ditetapkan besarannya. Juga dengan penggolongan berdasarkan kapasitas mesin.

Jika mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, diketahui kalau tarif penerbitan SIM C, yaitu sebesar Rp 100.000, perpanjang Rp 75.000. Sedangkan untuk SIM CI tarifnya sebesar Rp 100.000, perpanjang Rp 75.000, lalu untuk SIM CII Rp 100.000, perpanjang Rp 75.000.

Berdasarkan peraturan baru ini juga, SIM C dikhususkan untuk sepeda motor denga kubikasi dibawah 250 cc. Sedangkan SIM CI untuk motor dengan kubikasi 250 cc hingga 500 cc, kemudian SIM CII untuk sepeda motor dengan diatas 500 cc. Jadi buat kamu para pengendara Moge, harap memperhatikan peraturan baru ini.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like