Menambal Ban Tubeless Tidak Bisa Sembarangan, Jika Salah Malah Rusak

JogjaUpdate.com (30/10/17), Penggunaan ban tipe tubeless sudah mulai marak, dari mobil hingga sepeda motor. Ban tubeless memang dikenal lebih nyaman dan tahan lama. Selain itu, ban ini juga tidak perlu khawatir ban langsung kempis jika tertancap paku atau benda tajam lainnya.

Ban tubeless tidak akan langsung kempes saat tertusuk paku karena tidak memiliki lapisan ban dalam. Meski tidak langsung kempes, paku atau benda tajam tetap harus dikeluarkan ketika sedang menambalnya. Dan penambalannya tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan.

Menurut yang dimuat Kompas.com (12/10/17), ternyata ada metode khusus yang bisa dilakukan untuk menambal permukaan ban tubeless. Tidak boleh secara asal-asalan menyumpal karet ban pada bagian yang bocor. Cara ini ternyata berisiko fatal, bisa merusak struktur komponen ban.

Rudi teknisi Planet Ban di Condet, Jakarta Timur menjelaskan ada beberapa metode yang sering dijumpai untuk menambal. “Yang biasa ditemui kebanyakan pakai cara string, atau tusuk dan sumpal. Dalam situasi darurat mungkin maklum yah, tapi bila lagi sial bisa bikin ban jadi rusak karena ada bagian dari komponen tertusuk,” ungkapnya.

Menurutnya, cara string memang cepat dan mudah. Tapi dampak dari cara menusuk bisa mengakibatkan kerusakan pada lapisan kawat. Lapisan kawat inilah yang menjaga struktur bar tetap pada bentuknya. Jika lapisan ini rusak, bisa muncul masalah seperti tidak rata atau menimbulkan benjolan.

“Biasanya kami tawarkan dibuka dulu dari pelek seperti menambal ban reguler. Lubang tadi ditambalnya dari bagian dalam bukan tusuk dari luar. Secara waktu lebih lama memang, tapi lebih aman,” kata Rudi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like