Mau Tahu Kunci Sukses Berhenti Mengeluh?

JogjaUpdate.com (24/4/17), Mengeluh adalah kebiasaan buruk seseorang yang tidak mudah untuk ditinggalkan. Kebiasaan mengeluh ini selalu menggerogoti semangat untuk hidup bahagia, dan tidak berfaedah bagi kehidupan. Lalu bagaimana cara sukses untuk berhenti mengeluh?

Adalah Gretchen Rubin, seorang happiness expert yang menulis buku best seller New York Times The Happiness Project, akan membagikan kunci sukses dalam berhenti mengeluh. Rubin mengatakan, kalau segala hal mengganggu bisa karena sebuah bias negatif.

“Kita memiliki kecenderungan alami untuk terus merasa kecewa dan fokus pada hal-hal negatif, atau dendam, atau ketidaknyamanan kecil. Karena hal-hal negatif lebih terasa ketimbang hal-hal positif, Itulah sebabnya, mengapa kita perlu melakukan intervensi dan mengalihkan perhatian kita,” tambah Rubin.

Menurutnya lagi, ada satu hal penting yang bisa dimanfaatkan, yaitu rasa syukur. Jika memiliki keluhan tentang seseorang yang tidak menyenangkan, cobalah cari sisi baik dari orang tersebut. Hal baik yang bisa membuat kamu mengucap sukur akan orang tersebut.

Misalnya dalam hal pekerjaan seperti hubungan anak buah dan atasa. “Misalnya, kamu memiliki atasan yang terus memberikan tugas pada menit-menit terakhir. Alih-alih mengeluh, cobalah merasa bersyukur atas kepercayaan atasan terhadap kemampuan kamu,” ungkap Rubin.

Jika memikirkan apa yang telah dilakukan seseorang kepada kamu, maka akan merasa berbeda dari hal yang dikeluhkan. Namun harus diingat, trik ini tidak akan berhasil dalam semua situasi. Seperti keluhan yang kamu miliki terus terjadi berulang-ulang, misal teman kerja yang berbicara terlalu keras di telepon.

Kamu harus mengidentifikasi masalah yang tepat, dan berpikir apakah sebaiknya mengabaikan penyebab keluhan atau mencari solusinya. Pertama cobalah mengucapkan syukur atas setiap hal yang kamu keluhkan. Menurut Rubin, ini adalah cara bagus mengubah emosi dam situasi menjadi lebih baik.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like