Kekeringan, Warga Kokap Kulonprogo Kesulitan Air Bersih

JogjaUpdate.com (15/8/17), Di musim kemarai seperti sekarang ini, masih ada sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang meng mengalami kekeringan. Salah satunya adalah wilayah Kokap Kulonprogo, di mana beberapa warga sudah mulai mengeluhkan kesulitan air bersih.

Warga Kokap yang kesulitan mendapatkan air bersih ini pun sudah mengajukan dropping air. Di anataranya mengajukan kepada Dinas Sosial DIY melalui petugas Tagana. Setidaknya sudah ada 70 permintaan dropping air yang diajukan warga Kokap karena wilayahnya mengalami kekeringan.

Menurut yang dimuat Jogja.Tribunnews.com, Koordinator Tagana Wilayah Kokap, Ari Prasetya mengatakan Dari jumlah itu, pihaknya baru bisa mendistribusikan satu tangki air untuk warga RT 15 RW 5 Pedukuhan Papak, Desa Kalirejo (14/8/17). “Lokasinya cukup sulit dicapai karena jalanan yang menanjak dan licin,” kata dia.

Ditambahkannya, dropping air akan dilakukan dalam dua hari ini ini untuk lima lokasi per pengiriman. Adapun bantuan dropping air bersih di wilayah Kalirejo rencananya akan dilokasikan untuk wilayah Pedukuhan Sangon, Plampang, Papak, serta di Pedukuhan Tegiri, Desa Hargowilis.

Untuk mencukupi kebutuhan akan air bersihnya, selama ini warga banyak mengandalkan sumber air dan saluran dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sayangnya di musim kemarai seperti ini, sumber air cenderung mengering dan aliran air dari PDAM sering tidak mengalir sampai wilayahnya.

Tidak sedikit warga yang terpaksa mengeluarkan lebih uang untuk memenuhi kebutuhannya. Terutama untuk konsumsi seperti memasak, dan keperluan mencuci. “Biasanya kami beli air Rp150.000 per tangki. Kalau ada bantuan air seperti ini, bisa digunakan untuk konsumsi. Kalau mencuci, ya pakai sumber seadanya saja,” tambahnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like