Kaleidoskop Berbagai Peristiwa Selama Tahun 2015 (2)

logo jogjaupdate

Juli
Fenomena alam kembali menghiasi bulan Juli, Warga dunia tidak hanya berpotensi menyaksikan fenomena langka blue moon saja. Sebab pada akhir Juli 2015 akan ada hujan meteor tahunan Delta Aquarid, dikutip National Geographic, Jumat 31 Juli 2015. Jadi dua fenomena itu akan saling ‘adu kuat’ di langit. Fenomena blue moon memang tergolong langka, sebab muncul dalam rentang 2,7 tahun sekali.

Hari raya Idul Fitri 1436H masih menjadi fenomena sosial di Indonesia. Penghuni Jakarta dan kota-kota besar lainnya mudik serempak dan membuat jalanan macet.

Agustus
Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi – JK untuk pertama kalinya melakukan reshuffle menteri. Presiden Joko Widodo, (12/08/2015) mencopot dan mengganti enam menteri bawahannya. Beberapa kementerian yang di-reshuffle diantaranya, jabatan Menko Polhukam, yang sebelumnya dijabat oleh Tedjo Edhy Purdijatno digantikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan, yang ketika itu masih menjabat pula sebagai Kepala Staf Kepresiden.

Baca Juga : Kaleidoskop Berbagai Peristiwa Selama Tahun 2015 (1)

Kemudian, mantan Gubernur Indonesia, Darmin Nasution dilantik menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Selanjutnya, mantan Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli, dilantik menjadi Menko Kemaritiman, menggantikan Indroyono Soesilo.

Lalu, posisi Menteri Perdagangan yang sebelumnya dijabat oleh Rachmat Gobel, digantikan oleh Thomas Lembong. Salah seorang elite di PDI Perjuangan, Pramono Anung, masuk menjadi Sekretaris Kabinet, menggantikan Andi Widjajanto. Dan terakhir, Sofyan Djalil menggantikan Menteri Perencana Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago.

September
Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 27 kembali digelar bulan September lalu. kali ini dengan tema Edan edanan, yang selalu unik dan membuat penasaran pengunjung. Festival yang berlangsung dari 19 Agustus Hingga 5 September 2015 sukses menyedot ribuan pengunjung dengan berbagai atraksinya.

Oktober
Kustomfest, lebarannya penggila motor kustom hadir di bulan Oktober. Acara yang dimeriahkan oleh berbagai penggiat motor dan mobil kustom ini sukses menyedot ribuan pengunjung. Seperti penyelenggaraan kustomfest tahun-tahun sebelumnya, pengunjung bisa mendapatkan doorprize berupa motor atau mobil kustom. Kali ini hadiahnya adalah motor BMW boxer yang di kustom ala cafe racer dan diberi nama “Jaran Kore”.

November
Gempa 5,6 Skala Richter (SR) melanda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lindu tersebut terjadi sekitar pukul 18.45 WIB. Pusat gempa diketahui di 120 kilometer barat daya, Bantul, DIY. “Lokasinya 8.97 Lintang Selatan, 110.19 Bujur Timur,” tulis BMKG.

Sejumlah gempa marak terjadi di Tanah Air belakangan ini. Pada 9 November 2015, tercatat lindu berkekuatan 5,5 Skala Richter melanda Kota Banda Aceh.

Gunung Rinjani, yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, meletyus pada Selasa (03/11/2015). Tinggi letusan abu vulkanik dan awan panas dari gunung Rinjani mencapai 3.500 meter di atas permukaan laut, atau sekitar 1.000 meter di atas kawah Barujari. Abu vulkanik yang tebal tertiup angin ke arah barat, hingga mencapai Bali. Abu vulkanik gunung Rinjani menutupi bandara Internasional Lombok, dan bandara Ngurah Rai, Bali. Akibatnya, operator bandara Lombok maupun bandara Ngurah Rai Bali, menutup sementara operasional penerbangannya.

Desember
Peristiwa memalukan terjadi di ajang Miss Universe 2015, Hal tersebut terjadi setelah pembawa acara Steve Harvey salah menyebutkan nama pemenang.

Ariadna Gutierrez Arevalo dari Kolombia sudah dinobatkan sebagai pemenang dan berdiri di atas panggung serta mendapat sorak-sorai dari penonton Las Vegas. namun sesaat setelahnya, Steve Harvey menyatakan kesalahannya.

“OK, um, aku harus minta maaf,” katanya, sambil berjalan kembali ke tengah panggung, sementara Arevalo dengan bangga melambaikan tangan kepada fans, memegang buket pemenang dan memakai selendang bertuliskan Miss Universe. “Kolombia adalah Runner up pertama, Miss Universe 2015 adalah Miss Filipina,” ujarnya meralat.

Seketika kamera menyorot langsung ke Pia Alonzo Wurtzbach, finalis asal Filipina yang tertegun mendengar pengumuman dan mulai perlahan-lahan berjalan ke depan panggung. Untuk sesaat ada sedikit kecanggungan di antara dua wanita yang berdiri berdampingan itu.

Saat Harvey memberikan penjelasan atas kesalahannya, mantan pemenang Miss Universe segera melepaskan mahkota dari Arevalo dan memakaikannya pada Wurtzbach. Setelah acara tersebut berakhir, media sosial bereaksi cepat terhadap kejadian tersebut. Salah satu netizen bahkan sempat menyebut “Fail of the decade” dalam akunnya.

 

 

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *