Jelang Imlek 2017, Jutaan Orang di China Mudik Massal

JogjaUpdate.com (27/01/17), Kebiasaan mudik massal atau pulang ke kampung halaman saat hari besar tidak hanya ada di tanah air. Jutaan orang di China juga melakukan mudik massal dalam rangka hari raya Imlek 2017 atau Tahun Baru China. Bagaimana mudik massal yang dilakukan orang-orang di China dalam rangka hari raya Imlek tahun ini?

Tahun ini di China perayaan hari raya Imlek berlangsung pada tanggal 27 Januari 2017, dalam rangka menyambut Tahun Ayam Api. Seperti yang dirilis Liputan6.com (24/01/17), hari raya Imlek di China diikuti dengan hari libur panjang. Oleh karena itu jutaan orang disana berbondong-bondong mudik massal selama 40 hari atau dikenal dengan Chunyun.

Dilaporkan pula kalau jumlah pemudik di China ini mencapai angka ratusan juta orang, untuk itu otoritas menanganinya dengan serius. Dari laporan NTD.TV (24/01/17), tahun ini otoritas setempat mempersiapkan 3 miliar perjalanan untuk mengangkut para pemudik. Ini adalah migrasi manusia terbesar dalam sejarah, naik 2,2% sejak perayaan Imlek tahun 2016 lalu.

Jutaan orang telah memulai perjalanan mudik mereka dari tanggal 13 Januari 2017 kemarin. Aktifitas mudik massal orang-orang di China ini diperkirakan bakal terus berlangsung hingga tanggal 21 Februari 2017 mendatang. Di tanggal-tanggal ini seluruh moda transportasi bakal digunakan, mulai dari kendaraan pribadi hingga transportasi massal.

Menurut yang dirilis IBT News (24/01/17), kapasitas terminal bus, stasiun kereta dan bandara mencapai batas maksimalnya pada tahun ini. Jika terjadi penundaan keberangkatan bakal berakibat vatal. Seperti pada mudik Imlek tahun 2016 kemarin, sampai 100.000 orang dilaporkan menunggu di Stasiun Kereta Api Guangzhou. Hal ini disebabkan oleh pembatalan keberangkatan kereta karena hujan salju tebal.

Pemudik Imlek 2017

Salah satu pemudik tahun ini adalah Liu Jinfeng, yang melakukan perjalanan ke kampung halaman di Provinsi Heilongjiang utara. “Setiap tahun sudah ramai seperti ini, dan (saya) selalu menjalani tradisi itu. Tak buruk berada di keramaian selama festival musim semi, tapi tentu saja saya masih harus kembali ke rumah,” kata Liu Jinfeng.

Para pemudik ini kebanyakan dari kota-kota besar seperti Bejing. Dilaporkan kalau jutaan orang telah berbondong-bondong meninggalkan Bejing untuk merayakan Imlek 2017 di kampung halaman masing-masing. Walau perjalanan jauh dan melelahkan, namun jutaan orang di China ini rela melakukannya demi berkumpul dengan keluarga.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like