Jebul Sekoteng Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja Itu?

JogjaUpdate.com (01/07/2019), Tahukah kamu minuman tradisional Sekoteng? Minuman khas Jawa Tengah dengan rasa jahe cocok dinikmati saat malam hari. Namun tahukah kamu Sekoteng punya manfaat bagi kesehatan.

Sekoteng dibuat dengan bahan utama air jahe cocok untuk menghangatkan tubuh dari udara dingin. Dinikmati saat masih hangat-hangatnya sambil bercengkrama dengan rekan.

Karena itulah banyak kalangan masyarakat yang menggemari minuman tradisional ini. Dan banyak di jajakan di berbagai tempat berhawa dingin.

Baca Juga : Benarkah Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Sembuhkan Batuk?

Tidak sekadar nikmat dan menghangatkan tubuh, sekoteng punya manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu? Simak berikut ini.

1. Menghangatkan badan

Bahan dasar air jahe pasti menghangatkan tubuh dari dalam. Sangat cocok untuk mencegah masuk angin di tempat-tempat dingin, maupun saat aktivitas malam hari.

2. Mengurangi pusing

Rasa jahe yang dikandung sekoteng dapat merangsang aliran darah ke otak lebih lancar. Hal ini dapat meredakan pusing atau sakit kepala.

3. Mengurangi nyeri menstruasi

Bagi wanita yang sedang haid, ada manfaatnya minum Sekoteng. Karena dapat mengurangi rasa nyeri yang dialami. Hal ini berasal dari jahe yang ada di dalamnya.

4. Mencegah morning sickness

Gejala mual hingga muntah yang sering dialami wanita hamil disebut morning sickness. Kandungan jahe dalam sekoteng juga dapat mengurangi masalah ini.

5. Mengurangi mual dan muntah

Lagi-lagi rasa jahe dalam Sekoteng juga membantu dalam mengurangi mual hingga muntah. Jahe ini akan mempengaruhi otah dan sarat setelah meminumnya.

6. Mencegah osteoporosis

Jahe dalam sekoteng akan mengurangi peradangan pada sendi dan merangsang tubuh memproduksi asal salisilat. Asam ini bermanfaat mengurangi rasa sakit bagi orang yang lanjut usia.

7. Menurunkan kolesterol

Sekoteng juga dipercaya dapat menetralkan tubuh setelah memakan gorengan. Namun kamu tetap harus berhati-hari dalam memilih makanan, terutama yang berlemak dan berminyak.

Baca Juga : Jebul Bisa Sahur Tanpa Nasi Tapi Tetap Kenyang, Ini Tipsnya

Itulah 7 manfaat minuman tradisional ini yang harus kamu ketahui. Siapa sangka kalau sekoteng punya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like