Jebul Genderuwo Tak Hanya di Indonesia Saja

JogjaUpdate.com ~ Salah satu makhluk halus yang paling populer di Tanah Air adalah Genderuwo. Siapa sangka, sosok menyeramkan ini juga dikenal di luar Indonesia, lho!

Bangsa Persia, ternyata juga mengenal makhluk halus ini dengan nama Gandarewa. Sosok makhluk astral bertubuh besar menyeramkan.

Nama-nama Gandarewa atau Gandareva juga ditemukan dalam teks-teks Sumeria Kuno hingga India. Sebagai sosok jahat yang menyeramkan.

Dalam mitos Persia, Gandarewa adalah siluman air yang terus-menerus mencoba untuk memakan hal-hal baik yang tercipta dalam mitos penciptaan Persia.

Namun dikisahkan, sosok Gandarewa akhirnya dapat dikalahkan oleh oleh pahlawan Keresaspa.

Di India, Gandarewa dikenal berada di langit namun terkadang suka di perairan. Ketika di perairan, Gandarewa sedang mendekati bidadari bawah air India.

Memang agak berbeda dengan Genderuwo yang kita kenal selama ini. Namun memiliki kesamaan sosok tinggi besar menyeramkan dan menyukai perempuan.

Sayangnya, Gandarewa lebih dulu dikenal secara global dibandingkan Genderowo. Karena sosok Gandarewa telah diangkat dalam game.

Baca juga:
Jebul Kuntilanak dan Sundel Bolong Itu Beda, Jangan Disama-samain
Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kuntilanak
Buat Para Pemburu Hantu, Ini Tips Mendapatkan Foto Penampakan
Inilah Makhluk Halus Yang Dipercayai Sebagai Penjaga Gunung Merapi

 

Gandarewa di Final Fantasy X
Gandarewa di Final Fantasy X

Berdasarkan mitologi Persia ini, game Final Fantasy X mengangkat sosok Gandarewa sebagai salah satu musuh yang harus dilawan.

Beberapa game Final Fantasy lain juga memasukkan sosok ini. Seperti Final Fantasy XIV dan Mobius Final Fantasy. Namun di Final Fantasy X yang lebih mendekati sosok Gandarewa.

Mitos Jawa
Sedangkan di mitos Jawa sendiri, sosok Genderuwo dimasukkan dalam jenis bangsa jin. Wujudnya mirip kera bertubuh besar dan kekar.

Ada pula yang menyebutkan bertubuh hitam kemerahan dengan bulu lebat. Tubuhnya tinggi besar dan kekar, juga menyeramkan.

Disebutkan pula sosok ini suka meninggali batu berair, pohon besar yang teduh, bangunan tua, dan sudut lembab yang sepi.

Genderuwo dikenal sebagai sosok iseng dan cabul, suka menggoda manusia terutama perempuan dan anak-anak. Keisengannya tak kalah dari kuntilanak.

Makhluk halus ini juga kadang bisa muncul dalam wujud hitam kecil berbulu, namun tubuhnya tiba-tiba bisa membesar dalam sekejap.

Baca juga:
Alasan Makhluk Halus Menampakan Diri Pada Manusia
Bermana Bermani Sang Penggoda Pasangan Suami Istri Dalam Mitos Jawa
5 Mitos Makhluk Penghisap Darah Selain Vampir
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Wewe Gombel

 

Genderuwo di DreadOut
Genderuwo di DreadOut

Sosok ini juga dikenal gemar menggoda istri-istri kesepian yang ditinggal suami ke luar kota atau para janda. Bahkan sampai bersetubuh dengan mereka.

Disebutkan pula, sosok hitam ini bisa dipanggil hingga dimintai nomor buntut dalam perjudian. Namun ada hal lain yang harus dibayar untuk itu.

Namun dalam kepercayaan, tak semua Genderuwo seperti itu. ada pula yang berwujud lelaki tua bijaksana yang memperingatkan sesuatu para orang.

Tak kalah dari Gandarewa, Genderuwo juga mulai muncul dan dikenal secara global. Mulai dari game dan film serial buatan Indonesia.

Dari game horor DreadOut yang populer mendunia yang memasukkan sosok ini. Tidak ketinggalan film serial Halfworlds yang tayang secara global juga.

Masih banyak hal lain yang bisa digali dari mitos dan kepercayaan masyarakat mengenai Genderuwo. Dan ternyata juga, bukan hanya kita yang mengenal sosok ini. (281118/21)

 

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like