Jebul Ada Manfaat Garuk-garuk Kepala Saat Stres

JogjaUpdate.com (1/10/17), Ada beberapa gerakan tubuh atau gestur yang dilakukan seseorang ketika dilanda stres. Biasanya gestur ini dilakukan tanpa sadar oleh orang yang sedang stres. Seperti menggosok telapak tangan, megusap pipi, dan garuk-garuk kepala saat stres datang.

Namun jebul ada manfaat positif yang didapatkan dengan melakukan gerakan seperti garuk-garuk kepala saat stres ini. Menurut yang dimuat Kompas.com (28/9/17), ada bebrapa teori mengapa manusia dan primata melakukan gestur ini. Alasan paling utama adalah untuk melawan gangguan.

Seperti ketika menggaruk gigitan nyamuk karena ingin menghilangkan gangguan gata. Garuk-garuk kepala saat stres juga bisa memiliki fungsi yang serupa. Hanya saja, bukan itu tujuan utama mengapa kita melakukan gestur tersebut saat sedang stres. Karena apakah kita melakukan hal ini?

Para peneliti dari University of Plymouth menghabiskan delapan bulan melakukan penelitian di Puerto Riko untuk mempelajari kawanan kera rhesus. Peniliti ini menonton secara khusus gestur kera, terutama saat mereka menggaruk tubuhnya. Tim ini lalu menemukan beberapa pola sosial yang menarik.

Pertama, kera lebih cenderung menggaruk saat terjadi peningkatan tekanan sosial. Seperti bergaul dengan individu yang berpangkat lebih tinggi atau belum dikenal. Kedua, ketika kera menggaruk bagian tubuhnya di depan kera lain sebagai gestur stres. Cara ini dapat menurunkan 25 persen risiko adanya kera lain menjadi agresif.

“Penyerang potensial dapat menghindari untuk menyerang individu yang terlihat stres atau tertekan. Alasannya karena orang yang tertekan dapat berperilaku yang tidak dapat diprediksi seperti memberikan agresi berisiko atau perilaku yang tidak perlu, “kata para peneliti dalam makalah mereka.

Menurut para peneliti, manusia juga melakukan gestur tertentu saat stres dengan alasan yang mirip. Manusia garuk-garuk kepala karena ingin mengatakan pada orang lain kalau dirinya sedang stres. Dan itu diharapkan bisa membuat orang lain sedikit lebih baik kepadanya karena sedang stres.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like