Jangan Salah Beli, Oli Mesin Motor Bebek, Motor Sport dan Motor Matic Itu Beda

JogjaUpdate.com ~ Sebelum mengganti oli mesin, pastikan oli sudah memenuhi standar sesuai tipe kendaraan yang dipakai. Jadi jangan salah beli, karena oli mesin motor bebek, sport dan motor matic itu beda.

Memilih oli mesin harus yang pas, memenuhi standar dan pastinya berkualitas. Jangan asal pilih oli mesin, karena akan mempengaruhi peforma mesin. Salah memilih oli mesin beresiko mesin jebol.

Kode standar oli biasanya tercantum di kemasan atau kaleng oli. Semua oli sepeda motor yang menggunakan standardisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization) pasti ada keterangan JASO MA atau JASO MB di kemasannya. Kode MA dan MB di belakang kode JASO adalah kode untuk peruntukan oli tersebut.

Japan Automobile Standard Organization adalah sebuah badan yang menetapkan klasifikasi peforma oli yang digunakan mesin 4-langkah produksi Jepang.

Baca juga:
Tidak Hanya Melumasi, Jebul Banyak Fungsi Oli Mesin Yang Lain
Jangan Asal Pilih Oli Mesin, Kalau Tidak Mau Mesin Jebol
Kode API, SAE, JASO, Apa itu?
Bingung Kode SAE Oli Mesin? Ini Penjelasannya

Lightning LS-218
Lightning LS-218

JASO MA diperuntukkan untuk sepeda motor kopling basah atau kopling sentrifugal, formula oli MA lebih lengket dan punya aditive agar bersenyawa pada kampas kopling sehingga kopling tidak mudah selip.

Sedangkan JASO MB diperuntukkan untuk sepeda motor kopling kering. Oli MB sifatnya lebih licin, dibuat seperti itu karena tugasnya tidak membasahi kampas kopling. Makanya bunyi mesin matik agak kasar.

Spesifikasi JASO MA diperuntukkan untuk sepeda motor tipe bebek dan motor sport dengan konstruksi rumah kopling dan kampas kopling terendam oli. Sedang JASO MB digunakan oleh skuter matic yang berkopling kering atau koplingnya tidak terendam oli.

Seiring dengan perkembangan teknologi, spesifikasi JASO MA terus bergerak dan peng-kode-an berkembang dengan menambahkan kode lagi di balekang kode JASO MA.  Dari JASO MA, JASO MA1 hingga yang terakhir dan saat ini digunakan adalah JASO MA2. Hampir semua kendaraan terbaru yang beredar saat ini menggunakan standarisasi JASO MA2.

Perbedaan JASO MA, MA1, MA2 apa? Hanya di aditifnya saja. Aditif adalah zat yang ditambahkan di cairan oli untuk meningkatkan kualitas pelumasan. Tentunya oli dengan standarisasi JASO MA2 kemampuan pelumasannya akan lebih baik dari MA dan MA!.

Baca juga:
Merasa Motor Matic Boros? Mungkin Ini Penyebabnya
3 Penyebab Oli Mesin Berkurang
Masalah Yang Muncul Karena Telat Ganti Oli
Apakah Oli Bisa Kadaluarsa?

Motor matic yang salah isi, keburu diisi MA, masih aman saja. Namun disarankan tetap pakai kode MB. Sedang kalau MB dituang ke bebek atau sport, maka akan terasa kopling selip, sudah digas tapi motor tidak bergerak maju. (191121)

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like