Inilah Alasan Kenapa Sering Lupa Nama Orang

JogjaUpdate.com (24/7/17), Setelah hidup sekian tahun, pasti sudah banyak orang yang kamu temui. Dari berbagai macam orang yang berbeda-beda, mungkin banyak yang sudah kamu lupakan. Mungkin merasa kenal dan tidak asing mukanya, namun tidak ingat namanya. Kenala kita sering lupa nama orang?

Sebenarnya, bisa mengenali wajah orang namun lupa namanya itu wajar terjadi pada setiap orang. Karena kondisi seperti ini memang ada penjelasan secara ilmiahnya. Salah satunya dari psikologis Dervla Loughnane yang menjelaskan kenapa kita seing lupa nama orang, padahal ingat wajahnya.

Disebutkannya, karena mengenal orang tidaklah terfokus pada namanya. “Kita sering lupa nama-nama orang karena pada dasarnya kita tidak fokus pada nama, karena kita lebih fokus pada menilai orang tersebut dan bagaimana cara kita menampilkan diri sebaik mungkin,” kata Dervla Loughnane yang dirilis Body+Soul.

Dengan kata lain, tidak bermaksut mengabaikan namanya, kamu hanya sedang berusaha menampilkan kesan pertama yang bagus dihadapannya. Sekaligus menoba menilai seperti apa orang yang sedang kamu ajak bicara tersebut. Bisa jadi kamu juga tidak memperhatikan detail dan tidak ingat apa saja yang dibicarakan saat itu.

Cara Mengingat Nama

Lalu bagaimana caranya untuk bisa menginat nama orang-orang yang ditemui? Derval menyarankan untuk mengulangi nama orang tersebut ketika dia memperkenalkan diri. Dengan menyebutkan namanya, kamu akan membentuk ingatan di dalam otakmu sehingga tidak akan lupa.

Kamu juga bisa mencoba cara lain, yaitu dengan menyebutkan namanya ketika sedang berbicara. Dengan begini, kamu lebih mudah menginatnya sekaligus memperlihatkan sisi mudah akrab dengan lawan bicara. Cara ini juga membuat kamu terkesan lebih ramah dan pandai bergaul.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like