Inilah 5 Penyebab WiFi Lamban

JogjaUpdate.com (14/5/17), Setiap hari menggunakan koneksi WiFi? Bisa di kantor, di rumah, di sekolah, atau di kampus? Pasti dong pernah merasakan koneksi WiFi kamu melamban. Penyebab WiFi lamban buhan hanya masalah koneksi dari router atau modem kamu ke penyedia jasa internet.

Ada beberapa hal yang ada di sekitar router WiFi kamu yang menyebabkan koneksinya melamban. Baik itu faktor internal, maupun ekstenal dari luar router. dan berikut ini ada 5 penyenan WiFi lamban:

1. Pencurian Bandwith

Salah satu penyebab koneksi WiFi yang kamu gunakan melamban adalah kemungkinan terjadi pencurian bandwith. Diam-diam ada yang menggunakan koneksi WiFi kamu tanpa izin. Untuk mencegahnya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengganti password pada router WiFi kamu. Gunakan password yang susah untuk ditebak orang.

2. Koneksi WiFi Padat

Jika kamu berada di lingkungan perumahan yang padat dan masing-masing rumah memasang WiFi, ada kemungkinan kekacauan sinyal. Dengan ramainya sinyal WiFi, ada kemungkinan saling bertabrakan yang menggangu peforma. Kamu bisa mengatasi dengan mengubah channelnya, cari yang lebih sepi. Kamu bisa mengeceknya dengan aplikasi pendeteksi WiFi.

3. Router Jadul

Perkembangan teknologi yang cepat juga terjadi pada teknologi jaringan. Kini telah tersedia perangkat router WiFi yang telah mendukung Wireles A, B, G dan N. Dan ada pula teknologi wireless yang mendungkung frekuensi 5GHz. Router-router yang jadul pastinya memiliki keterbatasan dan peforma yang dibawah router dengan teknologi baru.

4. Terlalu Jauh dari Router

Posisi menentukan prestasi, juga berlaku untuk perangkan wireless. Kualitas sinyal yang buruk pastinya juga mengganggu koneksi perangkat kamu, yang menjadikannya melamban. Sekarang sudah ada beberapa alat seperti WiFi range ekstender yang meluaskan jangkauan WiFi. Atau kamu bisa mengatur posisi router WiFi kamu ke tempat yang lebih banyak menjangkau.

5. Terlalu Banyak Perangkat Yang Terhubung

Setiap peralatan elekstronik pasti punya batasannya, seperti halnya dengan router WiFi. Semakin banyak perangkat yang terhubung, semakin banyak pula yang harus dilayani router ini. Untuk router-router yang akan ketinggalan jaman, dengan banyaknya perangkat yang terhubung akan mempengaruhi kinerjanya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like