Ini yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Ambil KPR

JogjaUpdate.com (19/07/2019), Kredit Perumahan Rakyat (KPR), adalah cara paling banyak digunakan orang untuk membeli rumah. Bukan karena lebih gampang dan lebih murah, namun karena KPR lebih ringan.

Tak semua orang siap budget atau dana untuk membeli rumah secara tunai. Membeli rumah secara kredit jadi solusi yang lebih ringan bagi banyak orang.

Namun sebelum kamu buru-buru memilih kredit rumah mana yang ingin kamu ambil, sebaiknya cari informasi lebih dalam dulu.

Tidak hanya soal rumah mana yang mau diambil, berapa harganya hingga lokasinya di mana. Kamu perlu mempelajari juga syarat dan proses kreditnya.

Ilustrasi Perumahan
Ilustrasi Perumahan

Berikut ini 3 hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk ambil KPR.

1. Uang muka

Sesuai peraturan Bank Indonesia (BI), besaran uang muka KPR saat ini adalah 15 persen untuk rumah tapak pertama, 20 persen rumah kedua, dan 25 persen rumah berikutnya.

Namun kadang tiap bank punya kebijakan yang berbeda-beda. Misal harga rumah Rp 400 juta, maka uang muka 15 persen sebesar Rp 60 juta.

Berbeda pula dengan rumah subsidi yang diberikan pemerintah. Kamu bisa mendapatkan uang muka yang jauh lebih murah tanpa memperhatikan aturan BI.

Baca Juga : Cara Dan Syarat Pengajuan KPR Bersubsidi

2. Biaya lain-lain

Ketika membeli rumah secara kredit, bukan uang muka saja yang harus kamu siapkan. Ada berbagai biaya administrasi hingga pajak yang harus kamu bayar juga.

Dari Pajak Pembelian (BPHTB) termasuk Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP). Masih-masing wilayah memiliki nilai yang berbeda-beda dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Masih ada Biaya Balik Nama (BBN) sesuai kesepakatan peminjam KPR dan pihak bank. Belum lagi ada biaya administrasi dan lain-lain.

Baca Juga : Hasil Penelitian, Ini 4 Warna Cat Dinding Yang Dapat Meredakan Stres

3. Cicilan sesuai kemampuan

Kamu juga perlu melihat berapa cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan. Apakah kemampuan finansial kamu masih cukup dan masih ada untuk kebutuhan sehari-hari.

Perhatikan juga kestabilan finansial kamu beberapa tahun ke depan. Apakah sampai batas akhir cicilan KPR kamu masih punya pendapatan untuk membayarnya.

Jangka waktu kredit juga perlu diperhatikan. Umumnya bank akan mengambil patokan sebelum kredit akan selesai sebelum menyentuh usia 65 tahun.

Baca Juga : Tips Kumpulkan Uang Untuk DP KPR

Itulah 3 hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah secara KPR seperti kebanyakan orang.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like