Geneng Street Art Project 2015, Street Art di Tengah Perkampungan Bantul

Yogyakarta (23/11/15), Geneng Street Art Project setiap tahun diselenggarakan di perkampungan Geneng, Panggungharjo, Sewon, Bantul dan sekitarnya. Perubahan ritus dan situs sosial menjadi aspek yang menantang untuk ditelusuri lewat kerja kreatif para pelaku seni visual ruang terbuka ini.

Lanskap perkampungan yang semula dipenuhi persawahan, secara siginifikan berubah menjadi perumahan, kampus, dan bangunan lainnya. Perubahan ini menjadi satu unsur yang juga merubah pola hubungan sosial dan cara warga bertahan hidup dan menyelesaikan persoalan.

Geneng Street Art Project #3 mengambil tajuk GEMAH RIPAH LOHJINAWI yang pernah populer di era lalu, sebagai upaya untuk meninjau kembali mimpi, harapan, dan imajinasi warga kampung dalam melihat lingkungan hidup mereka yang ideal, kualitas hidup yang baik, dan hubungan sosial yang damai nan lestari. Street art atau ‘dinding massa’ akan digunakan sebagai payung untuk melingkupi aksi bersama antara para pelaku street art di Yogyakarta dan sekitarnya dengan warga selaku penghuni kampung.

Para pelaku street art memiliki cara tersendiri dalam melihat ruang terbuka di mana warga bertemu, berkumpul, atau melintas di perkampungan. Kebiasaan dalam mengerjakan karya di kota dengan karakter urban dan industrial kembali dicoba untuk lebih jauh lagi menggali potensinya dalam berhadapan dengan kehidupan perkampungan pinggir kota dengan dinamika perubahan dan lingkungan alamnya.

Gemah Ripah Lohjinawi berarti tentram, makmur, dan sangat subur tanahnya. Istilah ini dalam tradisi Jawa menggambarkan berlimpahnya sumber daya alam di tanah air, yang secara nalar akan kemakmuran yang melimpah bagi warganya.

Semboyan ini meluntur, karena walaupun dahulu sering dikumandangkan namun tidak menyata dalam praktiknya. Pada Geneng Street Art Project #3 ini semboyan tersebut akan dibaca ulang untuk merumuskan kembali mimpi, harapan, dan imajinasi kolektif warga bersama dengan kreatifitas mencatat persoalan ala gerakan street art.

 

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like