Dinas Pariwisata Bantul Rencanakan Wahana Wisata Malam di Parangtritis

JogjaUpdate.com (24/2/17), Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul berencana untuk menghadirkan Wahana Wisata Malam di Kawasan Parangtritis. Rencananya lokasi wisata malam ini bakal menggunakan kawasan relokasi Mancingan XI, Parangtritis. Mengingat kawasan ini belum digunakan secara optimal.

Rencana pembuatan wahana wisata malam ini diungkapkan oleh Sekretaris Dispar Bantul, Jati Bayubroto. “Parangtritis kan di hari libur overload, kendaraan yang masuk sampai macet,” Jati Bayubroto seperti yang dirilis Jogja.Tribunnews.com (23/2).

Menurut Jati Bayubroto, kawasan tersebut perlu dibangun objek wisata penopang blok utama Kawasan Wisata Pantai Parangtritis. Dan Dinas Pariwisata Bantul memandang kawasan relokasi Mancingan XI ini adalahan tempat yang paling tepat. “Kami memandang wisata malam di sana terbuka (dikembangkan), kalau yang ada sekarang (wisata malam) di sana ilegal,” ungkapnya.

Pembuatan wahana wisata malam secara lega ini juga untuk mengurangi keberadaan kafe-kafe ilegal. Dengan catatan cafe yang dibangun legal nanti, tanpa miras, dan tidak menyediakan Pekerja Seks Komersial (PSK). Seperti diketahui, kawasan Pantai selatan tengah menjamur kafe-kafe ilegal. “Ini sekaligus untuk mengurangi yang ilegal-ilegal itu,” tambah Jati Bayubroto.

Sementara itu, Sekretaris Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Yudha Prathesisianta memberi catatan, konsep wisata malam yang digagas Dispar harus memperhatikan norma yang berlaku di masyarakat. Jangan sampai, wisata malam yang dikonsep justru menjadikan geliat malam di Parangtritis bertentangan dengan adat.

Ia juga menambahkan kalau pembangunan Wahana Wisata Malam di Kawasan Pantai Parangtritis ini juga harus mempertimpangkan sekitar. Mengingat lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata religius. “Apalagi di sekitarnya (kawasan relokasi Mancingan XI) ada wisata religius, misalnya (cepuri) Parangkusumo,” ungkapnya.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like