BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Mengguyur DIY Hingga Tahun Baru

JogjaUpdate.com (27/12/17), Hujan intensitas sedang hingga lebat, diprediksi akan terus mengguyur hampir rasa seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga tahun baru nanti. Potensi hujan lebat ini berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sebelumnya, dua hari kemarin hujan lebat terus mengguyur wilayah DIY dan sekitarnya. Hujan lebat ini terjadi dikarenakan suplai massa udara lembab dari Samudera Pasifik dan Daratan Asia serta dari Samudera Hindia yang terakumulasi di wilayah kepulauan Indonesia.

Menurut yang diberitakan Jogja.Tribunnews.com (27/12/17), Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta Djoko Budiyono menyampaikan potensi hujan yang masih terus mengguyur DIY hingga tahun baru nanti.

Berdasarkan analisa BMKG, potensi hujan sedang hingga lebat bisa kembali muncul setelah beberapa hari kondisinya cerah berawan. Potensi hujan akibat akumulasi udara lembab tersebut berpeluang muncul hingga menjelang akhir tahun 2017. Akumulasi udara lembab ini sangat intensif menjadi penyebab tingginya potensi hujan lebat.

Akibat lain dari hal tersebut, juga berpotensinya angin kencang yang bisa mencapai lebih dari 20 knot (lebih dari 36 km/jam). BMKG mencatat, periode akhir Desember hingga awal Januari adalah periode menguatnya pola angin baratan yang membawa dampak pada peningkatan hujan serta gelombang tinggi.

“BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan,” terang Djoko.

Ditambahkannya, masyarakat yang selama ini tinggal di daerah berpotensi angin kencang harus waspada dengan potensi hujan disertai angin kencang. Ini bisa menyebabkan pohon maupun papan reklame/baliho tumbang. Hujan yang disertai angin kencang ini juga berbahaya bagi kapal kecil yang melaut.

BMKG jgua mengimbau masyarakat agar ketika hujan lebat disertai petir, untuk tidak berlindung di bawah pohon. Sedangkan bagi yang melaut, juga harus waspada peningkatan ketinggian gelombang yang bisa lebih dari 2 meter. Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkini BMKG, bisa mengakses layanan informasi cuaca 24 jam berikut ini:

call center 0274-2880151/2;
http://www.staklim.yogya.com
follow twitter @staklimjogya
Telegram : @IklimYogya_bot.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like