Antisipasi Harga Cabai Naik, Balitbangtan Yogyakarta Bagikan Ribuan Bibit

JogjaUpdate.com (13/2/17), Hargai Cabai sedang tidak menentu, kadang bisa tiba-tiba meroket tinggi tidak terjangkau. Untuk mengantisipasi harga Cabai naik, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Yogyakarta membagikan ribuan bibit cabai.

Menurut yang dirilis Jogja.Tribunnews.com (11/2/17), Balitbangtan Yogyakarta ini membagi-bagikan bibit cabai kepada Ibu-ibu PKK. Dengan menam Cabai sendiri, ini menjadi salah satu solusi efektif mengatasi harga cabai yang naik. “Mengajak masyarakat menanam cabe di pekarangan sendiri,” kata Petugas penyuluh pertanian BPTP Balitbangtan Rahima Kaliky.

Pembagian bibit cabe di Sleman diawali di Desa Hargobinangun Pakem. Selain bibit cabe rawit siap tanam, Balitbangtan juga membagikan media tanam polybag dan pupuk tanaman. Program tersebut tidak berhenti pada pembagian bibit. Namun akan dilanjutkan dengan penyuluhan cara merawat tanaman cabai hingga siap panen.

BPTP Balitbangtan mengajak setiap warga menanam minimal tiga tanaman cabai setiap rumah. Tanaman Cabai ini terhitung mudah ditanam tanpa perlu media tanam yang luas. Sehingga ketika hargai Cabai naik, masyarakat tetap bisa mendapatkannya dari yang ditanamnya sendiri.

Penyebab Harga Cabai Naik

BPTP Balitbangtan sekarang tengah memasuki musim pancaroba atau peralihan musim. Banyak Cabai yang rentan terserang penyakit dan akhirnya gagal panen. Sehingga ketersediaan Cabai dipasaran menjadi langka dan membuat harganya jadi meroket naik.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like