7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Pertama Kali

JogjaUpdate.com (10/4/17), Geliat dunia otomotif tetap saja bergairah saat ini, dimana banyak orang yang membeli kendaraan. Termasuk beberapa keluarga muda yang mulai mapan perekonomiannya, banyak yang berminat untuk membeli mobil. Banyak diantaranya yang masih pemula, atau membeli mobil pertama kali.

Dan berikut ini ada 7 hal yang harus kamu perhatikan ketika membeli mobil pertama kali:

1. Kenali kebutuhan kendaraan

Kenalilah kebutuhan kamu akan berkendara, apakah kendaraan diapakai setiak hari atau jarang-jarang. Apakah dipakai di dalam kota saja, atau bakal lebih sering perjalanan jauh keluar kota. Perhatikan juga kondisi jalan sekeliling yang setiap harinya dipakai. Lalu hitunglah juga jumlah penumpang yang ingin dibawa, apakah single atau seluruh keluarga.

2. Jenis Mobil

Setelah tahu kebutuhannya, maka saatnya riset mobil jenis apa yang cocok untuk kamu. Karena banyak jenis mobil yang beredar di pasaran, mulai dari Convertible, Coupe, Hatchback, Sedan, SUV, MPV, hingga Station Wagon. Pilihlah jenis mobil yang bisa mengakomodir kebutuhan berkendara kamu.

3. Harga

Setelah mendapatkan jenis kendaraan mana yang kamu incar, tentukan budget yang disediakan untuk membeli mobil. Pilah-pilah lagi mobil-mobil mana yang masuk ke budget, perhatikan juga varian dari tipe mobil tersebut. Karena untuk satu tipe mobil, produsen biasanya menyiapkan beberapa pilihan varian dengan rentang harga berbeda.

4. Jenis Pembayaran

Setelah menentukan budget, lihat kembali dana yang kamu miliki. Tentukan apakan akan melalukan pembelian dengan jenis transaksi yang mana, apakah secara tunai atau dengan kredit. Kalau mengambil cara kredit, pastikan uang muka kamu mencukupinya. Lalu juga pikirkan angsuran bulanannya, apakah masih aman untuk hidup sehari-hari.

5. Uji kendaraan

Setelah menemukan kendaraan mana yang dirasa paling sesuai, jangan lupa untuk mencobanya. Mintalah test-drive atau uji kendaraan kepada dealer mobil pilihan kamu. Cobalah berkendara sambil menjajal fitur-fitur yang ditawarkan. Pastikan mobil ini nyaman, dan sesuai dengan apa yang kamu bayangkan sebelumnya. Kalau tidak sesuai cari aja model lain.

6. Layanan Purna Jual

Pastikan juga mobil yang kamu beli memiliki purna jual yang baik, mulai dari service center hingga ketersediaan spare-part. Pastikan juga layanan terdapat di kota tempat kamu tinggal, cari dimana lokasinya. Agar lebih mudah kedepannya ketika menghadapai masalah dengan mobil yang sudah dibeli.

7. Asuransi

Asuransi merupakan hal yang cukup penting, namun kadang dilupakan oleh pembeli. Baik pembelian secara tunai maupun kredit, penggunaan asuransi ini cukup bermanfaat ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Carilah informasi mengenai asuransi mobil yang memberikan ketenangan pikiran dengan berbagai layanan yang dapat diandalkan. Jangan tergiur premi murah.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like