3 Hal Yang Bisa Dilakukan Ketika Chrome Offline

JogjaUpdate.com (11/9/17), Semenjak dirilis Google, Chrome menjadi browser pilihan para pengguna internet. Bahkan popularitasnya pun telah melampaui browser yang sudah eksis sebelumnya, seperti Mozilla Firefox, Opera, maupun Intenet Explorer. Namun tahukah kamu, ada beberapa fitur rahasia yang tersimpan dibalik Chrome.

Beberapa fitur di browser milik Google ini, dapat berjalan walaupun sedang offline atau tidak terhubung di internet. Apa saja itu? Inilah 3 hal yang bisa kamu lakukan ketika chrome Offline:

1. Bermain Game

Tahukah kamu, di dalam browser chrome ini tertanam sebuah permainan atau game. Biasanya ketika Chrome offline atau koneksi internet terputus akan menampilkan tulisan “There is no Internet connection” dengan gambar dinosaurus diatasnya. Kamu bisa menekan spasi atau arah keatas pada keyboard untuk mengaktifkan permainan ini.

Game ini sebenarnya simple, dinosaurus tersebut akan berlalu dan tugas kamu untuk mengidari halangan di depan. kamu cukup menekan tombol arah keatas atau sepasi untuk membuat dinosaurus tersebut melompat. Semakin lama ia berlari, semakin tinggi juga nilai yang kamu peroleh.

2. Akses Layanan Google

Walaupun Chrome Offline, tapi ada beberapa layanan dai Google yang tetap bisa kamu akses tanpa terhung ke internet. Misalnya Google Docs, Sheets, dan Slides yang bisa dijalankan meski offline. Kamu bisa mengaksesnya melalui Google Drive dan mengaktifkan fitur offline, sehingga kamu tetap bisa mengakses dokumen yang tersimpan di hard drive.

3. Akses Gmail

Bagaimana bisa email diakses tanpa koneksi internet? Ternyata bisa, kamu bisa menggunakan fitur Gmail Offline yang bisa berjalan meski Chrome Offline. Caranya kamu bisa mengunduh lalu memasang ekstensi Gmail Offline ketika terhubung ke internet. Cara ini membuat Gmail tersinkronasi dengan hard drive bawaan sehingga tetap bisa diakses saat online.

Namun perlu diingat, cara ini cuma bisa membaca email yang sudah tersimpan saja. Kamuu tetap tidak bisa membuka email secara real-time, begitu juga tidak bisa membalas dan mengirim email. Kamu baru bisa melakukannya setelah kembali terkoneksi dengan internet.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like