10 Angkringan Di Jogja Yang Ternama Dan Harus Dicoba

JogjaUpdate.com (28/2/17), Salah satu yang ikonik dari Jogja adalah Ankringan, atau ada yang menyebut Warung Sego Kucing. Dari sekian banyaknya angkringan yang ada di Jogja, diantaranya ada yang sangat terkenal dan sangat ngehits. Dan berikut ini kami kumpulkan 10 rekomendasi angkringan di Jogja yang ternama dan harus dicoba.

1. Angkringan Lek Man

Untuk angkringan yang satu ini memang legendaris dan paling ternama di Jogja. Kalau kamu membaca sejarah angkringan di Jogja, pasti tahu kalau Angkringan Lek Man ini merupakan penerus dari Mbah Pairo, pelopor ankringan di Jogja. Salah satu yang populer dari Angkringan Lek Man ini adalah Kopi Joss, yaitu segelas kopi diberi arang yang masih membara.

Lokasi Angkringan Lek Man ini ada di sebelah utara Stasiun Tugu, menempati trotoar jalan. Angkringan ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik warga lokal maupun wisatawan luar Jogja.

??☕ #explorejogja #yogyakarta #jogjakarta #streetfood #angkringanlekman #angkringan #angkringanjogja

A post shared by Luciadinar | proudIndonesia❤?? (@ranrandinar) on

 

2. Angkringan KR Pak Jabrik

Kalau angkringan yang ini sangat terkenal dikalangan komunitas-komunitas di Jogja, terutama komunitas anak muda dan pehobi. Karena biasanya Angkringan KR Pak Jabrik ini jadi tempat ngumpul atau Kopdar komunitas. Untuk menu yang ditawarkan termasuk paling beragam, apalagi nasi kucingnya. Belum lagi menu lauk pendamping seperti sate telur puyuh, sate usus, sate keong, dll.

Lokasi Angkringan ini berada di halaman kantor Harian Kedaulatan Rakyat atau tepatnya di Jalan P. Mangkubumi. Biasanya angkringan KR Pak Jabrik ini buka setelah kantor tersebut tutup, atau sekitar pukul 17.00 hingga 03.00 AM.

Khilaf ?

A post shared by Ulfa Farida (@adida511) on

 

3. Angkringan Pak Jack

Yang ini juga termasuk angkringan yang tidak pernah sepi oleh pengunjung, mulai dari kaum muda hingga tua ramai di sini. Selain menyediakan bermacam menu seperti nasi kuning, gorengan, dan aneka sate, Angkringan Pak Jack juga menyediakan Kopi Jos. Selain itu, angkringan ini juga memiliki tempat yang luas sehingga penungjung lebih nyaman bercengkrama.

Lokasi Angkringan Pak Jack ini sangatlah strategis, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman 44 atau di sebelah barat Jembatan Gondolayu. Lokasi yang stategis ini membuatnya selalu ramai dipadati para pelanggan.

Kopi joss @angkringanjogja #tugu

A post shared by Yanuar Agung Tri Jadmoko (@tj_koko) on

 

4. Angkringan Pak Satari

Selain menawarkan menu-menu khas angkringan seperti nasi kucing, Angkringan Pak Satari ini juga memiliki menu lain. Ada pun yang ditawarkan oleh angkringan ini adalah menu nasi tempe, nasi rica-rica ayam, nasi telur bumbu bali, hingga nasi brongkos pun ada. Selain ragam menu yang ditawarkan, angkringan Pak Satari ini juga dikenal sangat ramah di kantong.

Lokasi Angkringan ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya ada di Jalan Magelang km 15, Medari, Sleman. Walau jauh, namun angkringan ini juga selalu dipadati para pelanggan.

 

5. Angkringan Nganggo Suwe Lek Adi 

Angkringan Lek Adi ini dikenal dengan nama Nganggo Suwe yang artinya Pakai Lama. Meski pakai embel-embel nama angkringan, namun yang ini lebih mirip warung biasa karena tidak memakai gerobak maupun pikulan. Namun menu yang ditawarkan tetaplah menu khas angkringan seperti seperti nasi kucing, aneka gorengan, aneka sate, wedang jahe, dll. Ada menu unik yang recomended di sini, yaitu Nasi Bakar, Tongseng Keong, Wedang Asem Panas, atau Wedang Asem Jahe.

Angkringan Nganggo Suwe ini berlokasikan di Jalan Pramuka 106, Giwangan. Biasanya tempat ini ramai buat nongkrong bercengkrama para muda-mudi Jogja.

Yang suka kuliner malam Monggo mampir Buka jam 18:00 sampai subuh

A post shared by trans godzilla jogja (@trans_godzilla) on

 

6. Angkringan Bonbin 

Yang terkenal dari angkringan ini adalah nasi kucingnya selalu dalam kondisi hangat. Karena biasanya setiap kali tersedia langsung diserbu habis oleh para pelanggan yang kelaparan. Sehingga pelanggan yang tidak kebagian harus menunggu kloter berikutnya. Tapi tenang, sambil menunggu kamu bisa sambil menikmati beragam gorengan dan makanan lainnya.

Disebut Angkringan Bonbin karena lokasinya dekat dengan Kebon Binatang yang sering disingkat Bonbin. Tepatnya berlokasi di Jln. Kebun Raya Gembiraloka, dan biasanya buka di malah hari saja.

 

 

7. Angkringan Sendang

Pada dasarnya angkringan ini juga menyajikan menu khas angkringan lainnya, namun ada yang beda. Ciri khas Angkringan Sendang ini adalah kertas pembungkus nasinya bertuliskan Angkringan Sendang. Yang unik dari angkringan ini adalah deretan gerobak angkringannya yang langsung ada 6 buah. Jadi kamu bisa melihat 6 buah angkringat berderet-deret di sini.

Berlokasikan di depan resto Sendang Ayu Jl. Jogja – Solo Km.15 Kalasan Prambanan, mungkin dari situ dinamakan sebagai Angkringan Sendang. Kemudian angkringan ini juga mempunayi cabang di Jalan Babarsari tidak jauh dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS).

Jajan sehat murah meriah bikin kenyang.. ° ° ° #jajan#angringan#jajansehat#kenyangperutsukahati#angkringansendang#jl.godean

A post shared by chandra jullia ? (@juliacrustacea) on

 

8. Angkringan Wijilan 

Biasanya kalau mendengar kata Wijilan langsung yang terngiang di kepala adalah Gudeg, namun ternyata di sini ada angkrinan ternama. Angkringan Kang Harjo ini juga dikenal sebagai Angkringan Wijilan atau Angkrinan 2 Lantai, karena memang mempunyai dua lantai. Lantai satu berisikan kursi dan meja, sedangkan lantai dua lesehan. Uniknya lagi di angkrinan ini juga tersedia menu prasmanan yang bisa ngambil sendiri.

Angkringan Wijilan ini berlokasikan di Jl. Wijilan, Panembahan tidak jauh dari Keraton. Biasanya angkringan ini buka dari sore hari hingga dini hari dan pastinya ramai pelanggan.

lets dig in #angkringankangharjo#yogyakarta

A post shared by Gede Dharmawan (@gede.dharmawan) on

 

9. Angkringan Klebengan

Ini adalah angkringan yang paling hits di kalangan mahasiswa di Jogja. Tempatnya yang luas dengan hamparan tikar untuk lesehan, membuat Angkringan Klebengan ini nyaman untuk bercengkrama. Selain itu ciri khas angkringan ini adalah menambahkan kecap manis pada lauk yang dipesan untuk dibakar.

Lokasinya berada di plataran GOR Klebengan atau diantara dua kampus besar, UNY dan UGM. Lokasi strategis inilah yang membuat Angkringan Klebengan menjadi populer di kalangan mahasiswa.

 

10. Angkringan JAC Pendopo nDalem

Angkringan ini agak beda dari angkringan pada umumnya yang lebih merakyat. Karena Angkringan JAC Pendopo nDalem ini dikenal sebagai angkringan bangsawan. Di sini juga menyediakan berbagai panganan tradisional Jawa seperti Cloroy, Kipo, Semar Mendem dan Lupis. Selain itu juga menyuguhkan menu standar angkringan seperti nasi kucing, gorengan dan beragam sate-satean.

Kenapa disebut angkringan bangsawan? Karena memang lokasinya menempati pendopo rumah bangsawan Jawa yang berada di Jalan Sompilan no.12 Ngasem.

A post shared by Anjar Caesar (@anjarcaesar) on

 

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like