Underpass Perempatan Kentungan Segera Dibangun 2018 Ini

JogjaUpdate.com (18/11/2018), Setelah diungkap rencana pembangunan uderpass perempatan Kentungan beberapa bulan lalu, akhirnya resmi akan dibangun. Bahkan segera dibangun pada Desember 2018 ini.

Underpass atau terowongan bawah tanah ini akan dibangun di Simpang Empat Kentungan Ringroad Utara, Depok, Sleman.

Baca Juga : Beda Daerah Beda Nama, Beragam Sebutan Minyak Tanah Dalam Bahasa Jawa

Dan nantinya juga akan disusup pembangunan di Simpang Empat Gejayan, Ringroad Utara, Sleman pada 2020 mendatang.

Kepala Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) DIY Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Joko Satrio mengungkapkan kalau pembangunan underpas di perempatan kentungan telah memasuki proses lelang.

Di akhir November 2018 ditargetkan telah mendapatkan pemenang lelang dan dilakukan tandatangan kontrak sehingga pembangunan bisa mulai pada Desember 2018.

“Kedalaman terowongan nanti sama dengan Jombor, nanti ngeruknya dengan kedalaman di atas enam meter. Cuma yang di Kentungan ini kan dua arah total ada empat line, jadi lebih lebar daripada Jombor,” terang Joko Satrio (7/11/2018).

Pembangunan underpass ini ditargetkan bisa mulai pada 31 Desember 2018. Joko Satrio juga mengatakan kalau underpass ini nantinya dapat dilalui arus dari arah Barat dan Timur.

Saat ini dalam proses penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) lalu lintas dan ditargetkan selesai sebelum pembangunan dimulai.

Amdal lalu lintas digunakan untuk memprediksi terjadinya kemacetan ketika proses pembangunan. Sehingga dapat dilakukan rekayasa lalu lintas yang lebih sesuai.

Baca Juga: Ini Beragam Tanggapan Warganet Mengenai Bus Trans Jogja

Dampak kemacetan pasti akan terjadi, namun hal ini bisa diatasi dengan baik sehingga bisa terkendalikan dengan Amdal lalu lintas.

“Kalau dari timur itu depannya Happy Puppy, kebetulan titiknya sudah kami lakukan perbaikan pengaspalan baru, ini akan menjadi batas,” ungkapnya.

Joko Satrio juga berharap dengan adanya underpass perempatan Kentungan dapat mengurai kemacetan yang terjadi di tempat itu.

Dengan adanya underpass, nantinya arus lalu lintas dari Barat ke Timur dan sebaliknya tidak perlu tersendat antrean di Bangjo.

Ditambahkan Joko Satrio, untuk mengantisipasi tumpukan arus dari arah Barat di perempatan Gejayan, bisa dilakukan dengan rekayasa lampu bangjo.

“Itu bisa diatur melalui durasi lampu bangjo,” lanjut Joko Satrio.

Ia juga menegaskan, dalam perencanaannya underpass serupa akan dibangun di Simpang Empat Ringroad Gejayan. Namun untuk yang satu ini direncanakan pada 2020 mendatang.

Baca Juga : Polling JogjaUpdate, Tanggapan Warganet Soal Wacana Ganjil Genap Di Jogja

Kita tunggu saja seperti apa perkembangan pembangunan underpass perempatan Kentungan dan Gejayan ini nanti.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like