Tercatat Sebanyak 6.721 Pengangguran di Yogyakarta

JogjaUpdate.com (10/4/17), Pada tahun 2017 ini, setidaknya jumlah pengangguran di Yogyakarta tercatat sebanyak 6.721 orang. Data ini berdasarkan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Tenaga Kerha dan Transmigrasi (KUKM-Nakertrans) Kota Yogyakarta. Sebuah angka yang tidak sedikit untuk Kota Yogyakarta.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tengah gencar mencari terobosan agar bisa mengentaskan pengangguran dan mencetak wirausaha. Berdasarkan data Dinas KUKM-Nakertrans juga, di Kota Yogyakarta diketahui ada sekitar 184.921 angkatan kerja. Diantara jumlah ini ada 6721 yang masih pengangguran.

Menurut yang dirilis Jogja.Tribunnews.com, Dinas KUKM-Nakertras tengah memperdalam data yang mereka miliki. “Saat ini kami belum memiliki data breakdown pengangguran berdasarkan tingkat pendidikan,” ujar Kepala Dinas KUKM-Nakertrans setempat, Lucy Irawati, Minggu (9/4/2017).

Lucy mengungkapkan kalau jumlah pengangguran di Kota Yogyakarta ini angkanya fluktuatif. Dengan kata lain, dari tahun ke tahun lainnya bisa naik bisa turun. Ia menambahkan, menurut data di tahun 2015 hingga 2016 terjadi penurunan angka pengangguran. “Namun, untuk angkanya saya tidak tahu persis,” tambahnya.

Walaupun belum ada pendataan yang pasti berdasarkan pendidikan, pihak dinas memiliki data pencari kerja untuk tahun 2016. Dari data ini diketahui sebanyak 1.472 orang, 45,79 persenya merupakan lulusan SMA. Dan 36,28 persen pencari kerja adalah lulusan sarjana. Sedangkan lulusan diploma ada 11,21 persesn dan lain-lain 6,72 persen.

Menurut Lucy, selama ini kesulitan pencari kerja itu terkait informasi lowongan kerja yang terbatas. Namun disisi pemberi kerja, kadang juga kesulitan mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu terobosan yang akan diterapkan adalah dengan rencana memasang informasi lowongan kerja secara online.

Kedepannya, menurut rencana akan memasang informasi lowongan kerja secara online. Menurut Lucy, cara ini dianggap memudahkan pertemuan anatara pencari kerja dan perusaan. Selain itu, Dinas KUKM-Nakertrans juga akan menggelar job fair mini dimulai pada April 2017 mini. Job fair mini ini setidaknya akan digelar sebanyak tiga kali.

Bekerjasama dengan Kementrian Tenaga Kerja RI, Job fair mini ini diselenggarakan di SMK 6 Yogyakarya pada 7 dan 8 April kemarin. Kemudian di SMK 3 Yogyakarta pada 19 dan 20 April mendatang, disusul SMK 5 Yogyakarta pada 21 dan 22 April mendatang.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like