“Special Buat Kamu”, Pameran Yang Didedikasikan Oleh Shaggydog Kepada Para Doggies

Yogyakarta (21/04/15) Sebuah pameran yang mempresentasikan karya seni rupa, berikut dokumen dan arsip dari elemen-elemen pendukung yang paling substansial, diinisiasi oleh band legendaris Yogyakarta, Shaggydog yang kali ini berkolaborasi dengan Ace House Collective Yogyakarta.
Ace House Collective merupakan kolektif seniman yang juga mengelola ruang alternatif bernama Ace House, sebuah ruang yang sangat terbuka dengan kemungkinan-­‐kemungkinan baru di dalam seni rupa, baik secara praktik maupun wacana, termasuk pergesekannya dengan bidang-­‐bidang lain di luar seni rupa itu sendiri, salah satunya adalah musik.

Pada perkembangannya yang lebih spesifik lagi relasi antara musisi idola dan penggemarnya melahirkan sebuah genre seni yang kerap diistilahkan sebagai “Fans Art” atau karya­karya yang dibuat oleh fans yang terinpirasi oleh idolanya. Di luar negeri, kemunculan awal istilah ini dimulai dari aktivitas berkarya dari penggemar film atau komik maupun permainan vidio yang akhirnya berkembang pada penggemar band atau musisi.

Fans Art juga identik dengan kata ‘illegal’ atau ‘tidak resmi’ karena biasanya tidak berbentuk commision/pesanan dari artis idola kepada penggemar untuk merespon karyanya. Pun halnya dengan Doggies yang berkarya tanpa adanya format ini dari Shaggydog.

Kedekatan ini pula yang membangun loyalitas dan militansi para Doggies, termasuk  kemudian secara kreatif mengidentifikasikannya melalui karya-karya mereka yang diaplikasikan dalam kaos, bendera, stiker, dan sebagainya. Bersamaan dengan karya-karya dari teman-teman seniman, karya-karya dari Doggies ini akan dipresentasikan dalam pameran berjudul “Special Buat Kamu”, sebuah pameran yang didedikasikan oleh Shaggydog secara khusus kepada para Doggies dan teman-teman seniman dari band ini.

Shaggydog dan Ace House Collective juga mengundang Anom Sugiswoto, seorang fotografer seni dan aktivis We Need More Stages web stage fotografi yang berfokus pada pendokumentasian pertunjukan musik. Anom mengajak para Doggies untuk terlibat dalam proyek “Jalan-jalan”. Sebuah proyek fotografi yang terinspirasi dari judul lagu Shaggydog.

Proyek ini dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama dilakasanakan pada tanggal 7 April 2015. Anom bekerjasama dengan Fotografi Komunikasi (FOTKOM 401) UPN Yogyakarta melakukan sesi pemotretan Doggies Yogyakarta dengan menggunakan kaos-kaos karya Doggies seluruh Indonesia. Tahap yang kedua adalah workshop singkat dasar-dasar penggunaan perangkat lunak fotografi yang dilaksanakan pada tanggal 8 April 2015 di Doggy House, Jl. Nogosari 1 B, Patehan Kraton, Yogyakarta.

Pamerannya sendiri dibuka pada tanggal 22 April 2015 pada tanggal 19.30 bertempat di Ace House, Jalan Mangkuyudan No. 41 Yogyakarta dan dimeriahkan oleh performans dari AstroBoy, sekaligus lagu-­‐lagu dari DJ Heruwa dan DJ Kawan Dolly. Pengunjung juga diharapkan membawa kaos berwarna terang untuk mendapatkan sablonase gratis saat pembukaan berlangsung. Pameran akan berlangsung hingga 1 Mei 2015 dan buka setiap hari pada pukul 13.00 sampai dengan 20.00 WIB.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like