Selama Libur Lebaran, Diprediksi 1,55 Juta Mobil Pribadi Akan Memadati Jalan

JogjaUpdate.com (15/6/17), Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap libur lebaran pasti terjadi arus mudik yang akan memadati jalan. Dan dari tahun ke tahun, jumlah para pemudik ini terus bertambah. Baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk pulang ke kampung halamannya.

Untuk arus mudik lebaran 2017 ini, Dinas Perhubungan DIY telah memprediksi adanya lonjakan pengguna kendaraan roda empat atau mobil. Dan telah memetakan titik-titik rawan kemacetan yang ada sekitar 50 titik. Untuk itu telah disiapkan rencana rekayasa lalu lintas untuk antisipasi kemacetan.

Menurut yang diberitakan HarianJogja.com (15/6/17), Kabid Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Agus Harry Triono mengungkapkan kalau pengguna mobil pribadi pada mudik lebaran 2017 terjadi peningkatan tajam. Diprediksi akan ada 1,55 juta unit mobil pribadi yang akan memadati jalanan.

Angka prediksi ini, berdasarkan pengalaman tahun 2016. Dimana diperkirakan terjadi lonjakan sekitar 5% dari angka 1,48 juta unit mobil pribadi yang tercatat tahun 2016 yang lalu. Padahal di tahun 2016 sendiri, pemudik menggunakan mobil pribadi menurun dari 1,52 juta di 2015 menjadi 1,48 juta di 2016.

Tahun ini diprediksi meningkat karena adanya beberapa tol baru yang mengarah ke DIY. “Pertimbangan kami, tahun ini meningkat karena beberapa tol Jawa yang mengarah ke DIY sudah jadi. Seperti Tol Salatiga, lalu sudah sampai Sragen dan lainnya. Kami perkirakan, pemudik akan banyak memakai mobil pribadi, sehingga nyaman bepergian,” ungkap Agus.

Jumlah sebesar itu diprediksi akan melintasi DIY dari empat arah, antara lain tiga di Sleman meliputi Tempel, Prambanan, dan Gamping. Dan satu lagi akan melintasi wilayah Bantul yaitu di Piyungan. Keempat arah tersebut menjadi pintu masuk dan keluarnya kendaraan-kendaraan ini.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like