Puncak Musim Hujan Di Jogja Masih Sampai Akhir Bulan Nanti

JogjaUpdate.com (22/2/17), Musim Hujan di Jogja masih belum berhenti, dan bakal berlanjut. Setidaknya sampai akhir bulan Februari 2017 ini, wilayah Jogja dan sekitarnya masih berada di puncak musim penghujan. Sebaiknya kamu tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana yang bisa terjadi di musim hujan.

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, Djoko Budiyono, Menjelang akhir Februari 2017 ini, sebagian besar wilayah di DIY dan sekitarnya masih berada dalam puncak musim hujan. Karena inilah, kemungkinan terjadi peningkatan intensitas curah hujan masih terjadi.

“Dengan potensi curah hujan tinggi pada periode bulan Februari ini, maka potensi hujan lebat harian dapat meningkatkan peluang terjadinya bencana Hidrometeorologi,” kata Djoko Budiyono yang dirilis Jogja.Tribunnews.com.

Namun Djoko Budiyono juga menjelaskan kalau peningkatan frekuensi hujan yang terjadi ini dipengaruhi oleh faktor-faktor lokal. “Sehingga pada periode kali ini sangat perlu memperhatikan perkembangan dinamika cuaca lokal dan regional,” ungkapnya.

Dari tinjauan atmosfer beberapa hari kedepan, muncul area perlambatan dan pertemuan angin. Hal ini mengakibatkan kondisi udara menjadi tidak stabil, hingga menyebabkan potensi hujan lebat disertai kilat dan petir. Kondisi ini didukung dengan kuatnya monsun Asia yang menyebabkan batas wilayah udara basah terkonsentrasi di pesisir selatan Jawa.

Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa pada tangga 12-19 Februari 2017 berkisar 28 – 30 °C, dengan anomali suhu 2 – 4 °C. “Kondisi ini mengindikasikan suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY relatif tinggi,” ungkapnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like