Press Release Duta Museum DIY 2014

Tahun 2012 Yogyakarta mengirimkan putra-putri daerah untuk mewakili DIY dalam Pemilihan Duta Museum Indonesia di Jakarta yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pemilihan duta museum kembali lagi menyapa masyarakat DIY pada tahun 2014. Namun kegiatan kali ini sedikit berbeda dengan pemilihan duta museum nasional pada tahun 2012 tersebut.

Kali ini, kegiatan Pemilihan Duta Museum DIY diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY dengan seleksi terbuka dan dengan dewan juri yang kredibel dan kompeten di bidangnya. Kegiatan ini merupakan pemilihan di tingkat DIY, dengan brand Pemilihan Duta Museum DIY 2014 dan rencananya akan dilangsungkan dari tanggal 7 Juli 2014 hingga 24 Agustus 2014.

Pemilihan Duta Museum DIY 2014 adalah satu usaha penting guna mempromosikan museum-museum di DIY, sekaligus untuk mendorong museum-museum tersebut agar terus berbenah diri sehingga layak diapresiasi dan dinikmati bukan saja oleh masyarakat DIY, tetapi juga puluhan ribu wisatawan yang setiap tahunnya melancong ke DIY. Pemilihan Duta Museum DIY juga ditujukan untuk mendukung GERAKAN NASIONAL CINTA MUSEUM yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat sejak tahun 2009.

Pemilihan Duta Museum DIY 2014 akan berlangsung dalam beberapa tahap. Pendaftaran peserta merupakan tahap pertama, dibuka dari tanggal 7 Juli hingga 6 Agustus 2014. Pemilihan Duta Museum DIY 2014 terbuka bagi siapa pun warga DIY yang berusia 19 hingga 54 tahun. Aspek fisik tidak menjadi kriteria dalam pemilihan duta museum ini; mereka yang difabel sekalipun dapat turut mendaftarkan diri. Kriteria utama dalam pemilihan duta museum DIY 2014 ini adalah ketertarikan, pengetahuan, kepedulian dan dedikasi peserta terhadap dunia permuseuman di DIY. Oleh karena itu, setiap peserta wajib mengumpulkan sebuah essei tentang museum dalam satu lembar kertas folio atau 2000 karakter dalam proses pendaftaran (juga foto copy KTP dan Ijazah terakhir serta pas foto 3 x 4 sebanyak 5 lembar sebagai syarat pendaftaran).

Pada tahap kedua, yaitu seleksi tahap pertama yang berlangsung dari tanggal 11 – 13 Agustus 2014, setiap dari mereka yang mendaftar akan diminta untuk mempresentasikan essei yang telah mereka buat dan kumpulkan. Audisi ini akan menjaring 30 orang peserta yang akan mengikuti seleksi tahap kedua pada tanggal 18 – 21 Agustus 2014. Selama proses seleksi tahap kedua, peserta akan memperoleh pembekalan berupa materi di kelas selama dua hari dan dilanjutkan berkunjung ke museum-msueum di DIY. Pada tanggal 21 Agustus 2014, ketigahpuluh peserta tersebut akan diseleksi oleh dewan juri. 12 orang akan terpilih untuk mengikuti tahap terakhir atau tahap grand final yang akan diselenggarakan di Royal Hotel Ambarukmo pada tanggal 23 – 24 Agustus 2014. Pemilihan Duta Museum 2014 ini akan menghasilkan enam orang pemenang: dua orang sebagai duta museum, dua orang sebagai Runner Up I dan dua orang sebagai Runner Up II.

Para duta yang terpilih akan menjadi duta DIY dalam memamerkan dan mempromosikan potensi, pengembangan, dan citra positif museum-museum di DIY kepada publik luas. Dalam peran mereka sebagai Duta Museum DIY 2014, para pemenang ini tentu saja diharapkan dapat memiliki pengetahuan, kreatifitas dan daya inovasi yang tinggi serta disiplin, dedikasi, dan tanggung jawab dalam membantu pemerintah DIY memamerkan dan mempromosikan aneka ragam jenis museum di DIY.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like