Polisi Tangkap Pencuri Spesialis Rumah Kosong

JogjaUpdate.com (9/6/17), Beberapa hari lalu di Kota Yogyakarta tengah marak aksi pencurian di rumah, terutama di rumah kosong. Dan akhirnya Satreskrim Polresta Jogja berhasil mengangkap pencuri spesialis rumah kosong di Kota Yogyakarta. Adalah YDU, seorang pencuri spesialis rumah kosong yang ditangkap pihak Kepolisian.

YDU diduga telah membobol salah satu rumah di kawasan Mantrijeron dan berhasil menggasak harta benda dengan total senilai Rp84 juta. Dan dalam menjalankan aksi pencuriannya ini, YDU tidaklah sendirian. Ia ditemani kelompoknya yang terdiri dari ES, B, dan A yang kini masih buron.

Masing-masing orang ini memiliki peran yang berbeda-beda dalam menjalankan aksi pencurian di rumah kosong ini. Ada yang bertugas untuk mencongkel pintu sekaligus eksekutor, ada yang bertugas untuk mengawasi keadaan sekitar. Sedangkan YDU sendiri bertugas sebagai pengawas.

“Korban saat itu sedang kondangan. Pulang-pulang rumah sudah dibobol. Semua pintu kamar terbuka. Pintu mobil juga dibuka, untung mobilnya tidak ikut dibawa. Pelaku masuk ke dalam rumah dengan cara mendongkel pintu dengan linggis,“ jelas Kasat Reskrim Polresta Jogja, Kompol Mohammad Kasim Akbar Bantilan yang dirilis HarianJogja (8/6/17).

Akbar juga menjelaskan komplotan YDU ini telah melakukan pencurian pada tanggal 20 Mei 2017, sekitar pukul 20.00 WIB. Dan para pelaku kemungkinan adalah pemain lama yang sudah terbiasanya melakukan aksi ini. Mereka terlihat memiliki kecakapan dan mental yang luar biasa karena rumah tersebut persis berada di pinggir Jalan Mayjen Sutoyo.

Dan ternyata YDU merupakan residivis yang baru keluar tahun lalu. “YDU merupakan residivis yang baru keluar penjara tahun lalu karena terlibat pencurian motor di Sleman. Pelaku lain kemungkinan juga begitu karena secara mental dan kemampuan mereka sudah sangat bagus,” kata Akbar yang dirilis HarianJogja (9/6/17).

Dijelaskan Akbar, menurut pengakuan YDU, kompotan ini beraksi di berbagai tempat di DIY. Sejauh ini, sudah ada beberapa rumah yang disambangi oleh komplotan YDU. Dan rumah tersebut tersebar di wilayah Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like