PDAM Kulonprogo Tambah Jaringan Pipa Air Untuk Atasi Kekeringan

JogjaUpdate.com (22/7/17), Selain Gunungkidul, wilayah lain yang berpotensi untuk alami kekeringan adalah Kulonprogo. Untuk mengatasi kekeringan, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Binangun, selaku penyedia air bersih di Kulonprogo berupaya untuk menambah jaringan pipa air.

Menurut yang diberitakan HarianJogja.com, Direktur PDAM Tirta Binangun Jumantoro mengungkapkan kekeringan adalah bencana yang bisa diprediksi. Karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah memetakan daerah-daerah mana saja yang rawan mengalami kekeringan.

Pihaknya pun telah melakukan pemtaan, dan mengetahui daerah mana saja yang kerap dilanda kekeringan. “Kami sudah melakukan pemetaan. Daerah yang kerap kali mengalami kekeringan adalah Kecamatan Girimulyo, Samigaluh, Kalibawang, dan sebagian kecil ada di Kokap. Mayoritas ada di daerah utara,” jelasnya.

Jumantoro mengklaim daerah yang mengalami kekeringan di Kulonprogo sudah semakin berkurang dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan telah adanya suplai air bersih dari pipa jaringan PDAM Kulonprogo. Dan juga adanya jaringan pipa air dari mata air sekitar daerah tersebut.

Namun Jumantoro juga mengakui masih ada beberapa lokasi yang sulit dijangkau. “Hanya wilayah yang paling atas yang memang kami akui masih sudah mendistribusikan air, tapi tetap kami upayakan tahap demi tahap. Karena istilahnya kami tidak bisa tidur nyenyak selama di Kulon Progo masih ada kekeringan di musin kemarau. Itu spirit yang kami pegang selama ini,” Ujar Jumantoro.

Untuk wilayah Samigaluh dan Girimulyo, PDAM Kulonprogo tengah menyiapkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang bersumber dari Sungai Progo. Disebutkannya, proyek ini telah dimulai dengan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan bantuan dana dari Hungaria.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like