Musim Pancaroba Akibat Dampak Elnino, BMKG Menghimbau Agar Waspada Bencana

Perkiraan awal musim hujan -BMKG-

Yogyakarta (25/11/15) Menjelang musim penghujan di bulan November 2015 ini, BMKG DIY mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk waspada terhadap dampak cuaca yang cukup ekstrim. Yogyakarta akan mengalami musim pancaroba atau pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan.

Lebih lanjut BMKG menerangkan melalui akun media sosial Twitter, Awal November 2015 memasuki pancaroba berpotensi cuaca ekstrim dampak Elnino. Pancaroba diperkirakan terjadi November 2015. Pancaroba akan membawa petir, angin kencang & hujan lebat dengan durasi singkat.

Saat Pancaroba posisi matahari di atas wilayah DIY sehingga suhu udara di siang hari lebih panas dari pada daerah lain. Musim pancaroba berpotensi terjadinya cuaca ekstrem, seperti petir dan angin kencang terutama menjelang sore hari. Potensi angin kencang bisa mencapai 45 kilometer per jam, meningkat dari kondisi normal 0-20 kilometer per jam.

BMKG juga menghimbau bagi emilik kendaraan Roda 2 & Roda 4 hindari parkir dan berteduh di bawah pohon atau benda yang sekiranya rapuh atau mudah roboh. Bagi pemilik pohon besar sebaiknya memangkasnya apabila sudah terlalu rindang atau rapuh.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like