Musim Hujan Tiba, Harga Sayuran Bisa Naik Tiga Kali Lipat

JogjaUpdate.com (3/10/17), Seperti diketahui, saat ini telah memasuki peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Dan jika telah memasuku musim penghujan penuh, akan berdampak pada harga pangan. Seperti harga sayuran yang diprediksi bisa mengalami peningkatan.

Beberapa sayuran yang diprediksi harganya akan meningkat adalah jenis daun-daunan, seperti bayam, kangkung, dan sawi. Sayuran jenis ini diprediksi bisa naik harganya sampai tiga kali lipat di saat musim penghujan tiba. Hal ini terkait dengan daya tahan sayuran terhadap pengaruh air hujan.

Seperti yang dimuat HarianJogja.com (3/10/17), sampai saat ini masih belum terjadi pelonjakan harga sayuran. Agustina, pedagang sayuran di Pasar Jangkang, Ngemplak, Sleman mengatakan, saat ini harga sayuran jenis bayam dan kangkung masih dijual murah yaitu, Rp1.000 per ikat.

Harga bayam dan kangkung ini belum naik karena belum banyak hujan yang turun. Sehingga masih belum terlalu mempengaruhi kualitas dan ketersediaan sayuran ini. “Ini hujannya kan belum banyak. Nanti kalau sudah benar-benar musimnya [hujan] harganya bisa naik dua tiga kali lipat,” ujar Agustin.

Seperti diketahui, sayuran seperti bayam, kangkung, dan sawi menjadi komoditas sayuran yang sangat sensitif pada air hujan. Jika terlalu banyak air, sayuran ini akan mudah membusuk. “Kalau bosok [busuk], jadinya langka, akhirnya harganya mahal karena kita juga mendapatkannya susah,” lanjut Agustina.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yuna Pancawati mengungkapkan, untuk mengawali pekan pertama bulan Oktober, perubahan harga di pasaran terjadi pada komoditas cabai keriting. Baik itu keriting merah maupun cabai besar merah telah mengalami kenaikan harga.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like