Moratorium Pembangunan Hotel di Jogja Bakal Diperpanjang

JogjaUpdate.com (13/12/17), Setelah sebelumnya diberitakan akan mengkaji perpanjangan moratorium pembangunan hotel di Jogja, kini mulai nampak kepastiannya. Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti hampir dipastikan akan memperpanjang moratorium atau penghentian sementara penerbitan izin hotel baru.

Seperti yang dimuat HarianJogja.com (12/12/17), Haryadi yang sedang berada di Jakarta sempat mengungkapkan melalui sambungan telepon akan memperpanjang moratorium pembangunan hotel di Jogja. “Ya diperpanjang, Saya masih di Jakarta, besok saya pulang langsung saya tanda tangani perwalnya, “ tegas Haryadi (12/12/17).

Namun sayangnya, tidak disebutkan berapa lama moratorium penerbitan izin hotel baru akan diberlakukan. Sedangkan moratorium penerbitan izin hotel di Jogja yang sebelumnya berlaku sejak Januari 2014 hingga akhir Desember 2017 nanti. Kalau memang akan diperpanjang, pastinya akan diumumkan sebelum berakhir.

Perpanjangan seperti apa juga belum diungkapkan oleh Walikota Yogyakarta ini. Sebelumnya diungkapkannya ada beberapa opsi perpanjangan moratorium perizinan hotel ini. Dan sebelumnya juga akan melakukan kajian terlebih dahulu perpajangan seperti apa yang akan diberlakukan.

Moratorium penerbitan izin hotel baru, tahun ini masih berlaku sampai akhir bulan ini seperti tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Kota Jogja No.55/2016. Perwal tersebut menggantikan Perwal No.77/2013 tentang tentang Moratorium Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Hotel yang diberlakukan sejak Januari 2014.

Sebelumnya, Haryadi mengatakan bahwa moratorium diperlukan karena tingkat hunial hotel di Kota Jogja masih di bawah angka 60%. Selain itu menurut Haryadi, perlu dibuat regulasi yang menyeluruh untuk pengawasan dan kontrol terhadap kegiatan hotel untuk menghindari persaingan usaha tidak sehat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like