Marak Kasus Curanmor, Setiap Bulan 15 Sepeda Motor Hilang di Bantul

JogjaUpdate.com (29/12/17), Angka kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) terhitung masih tetap tinggi. Terutama di Kabupaten Bantul, kasus curanmor angkanya cukup tinggi bahkan menempati rangking pertama kejahatan yang sering terjadi di wilayah hukum Polres Bantul.

Menurut yang diberitakan Jogja.Tribunnews.com (29/12/17), dalam sebulan bisa ada kejadian 15 sepeda motor hilang di wilayah Bantul. “Curanmor ini paling tinggi, rata-rata setiap bulan ada 12 hingga 15 kendaraan yang hilang di Bantul,” ujar Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi.

Jumlah kasus curanmor tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. AKBP Imam mengungkapkan, di tahun 2016 ada 154 kasus curanmor di wilayah Bantul. Sedangkan pada tahun 2017 ini tercatat ada 165 kasus curanmor. “Artinya terjadi peningkatan 7 persen, sebanyak 11 kasus,” jelasnya.

Kendaraan yang paling banyak dicuri oleh maling berupa sepeda motor Honda Scooter matic ada 70 kasus, sedangkan jenis Honda bebek 11 kasus, Yamaha bebek 11 kasus, dan Kawasaki sport ada 8 kasus. “Penyebabnya, karena faktor kelalaian pemilik, bisa karena parkir jauh, tidak siap dengan kunci duplikat dan lain sebagainya,” ujar dia.

Waktu favorit para pelaku dalam beraksi yakni saat menjelang pagi hari. Dari catatan Kepolisian, antara sekitar pukul 04.00 hingga 06.00 WIB. “Tempat kejadiannya paling banyak di kampung sebanyak 75 kasus, kos ada 35 kasus, toko atau warung 15 kasus, jalan umum 10 kasus, jalan desa 6 kasus, tempat parkir 3 kasus, objek wisata 2 kasus,” terangnya.

Modus yang sering digunakan pelaku curanmor adalah memakai kunci palsu, tercatat sebanyak 154 kasus. Kemudian karena kelalaian korban tercatat ada 10 kasus. Lalu wilayah yang paling banyak terjadi kasus curanmor adalah Banguntapan, Sewon, dan Kasihan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like