Malam Tahun Baru 2018, Jalan Malioboro Bebas dari Kendaraan Bermotor

JogjaUpdate.com (20/12/17), Musim libur akhir tahun banyak wisatawan yang menjadikan Jogja sebagai tujuannya. Sejumlah rekayasa lalu lintas pun disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan bermotor. Khusus untuk Jalan Malioboro akan bebas dari kendaraan bermotor pada malam tahun baru 2018 nanti.

Menurut yang diberitakan HarianJogja.com (19/12/17), Dirlantas Polda DIY Kombes Latif Usman mengungkapkan sejumlah rencana penanganan Polda DIY pada liburan akhir tahun. Diungkapkannya, penanganan akan difokuskan pada beberapa jalur utama yang terkenal padat seperti Jalur Magelang, Tempel, Prambanan dan Gamping.

“Antispasinya kami melihat situasi Kota Jogja. Khususnya Tempel luar biasa ramai. Nanti akan dikoordinasikan dengan Magelang, kalau perlu ditarik, ya ditarik. Memang akan terjadi ada hambatan tapi dilihat situasi Kota Jogja dulu,” ungkap Kombes Latif.

Terkhusus untuk Jalan Malioboro, diungkapkannya pada malam Tahun Baru 2018 nanti, kendaraan bermotor sudah tidak diperkenankan memasuki area tersebut. Rekayasa ini akan dimulai sejak pukul 17.00 WIB dan satu jam kemudian kendaraan tidak boleh sama sekali memasuki Jalan Malioboro.

Sedangkan untuk kawasan perkotaan, rekayasa lalu lintas di bagi menjadi tiga, yakni Malioboro, sirip-sirp Malioboro, dan Ring Road. “Perlakuannya seperti Maguwoharjo. Nanti tidak langsung masuk ke Janti. Kalau Maguwoharjo ramai buang ke Ring Road Utara. Jika Jombor padat tidak langsung di arahkan ke kota, tapi puter ke Ring Road Barat,” imbuhnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like