Kota-Kota di Dunia Dengan Tingkat Kesehatan Tertinggi

-universitas21-

Jogjaupdate.com (05/11/14), Semua orang pasti menginginkan lingkungan yang sehat. Tentunya ini tugas kita semua dan negara juga ikut bertanggung jawab untuk mengatasi masalah kesehatan. Pemerintah bertanggung jawab menyediakan pelayanan kesehatan berkualitas, mengurangi polusi, menerapkan undang-undang dan kebijakan kesehatan, menyediakan berbagai program inovatif untuk memerangi penyakit dan meningkatkan kualitas hidup bagi warganya.

Lalu, Kota di negara mana sajakah yang bisa dikatakan sebagai kota paling sehat didunia. Berikut beberapa negara yang dikatakan paling sehat didunia, Seperti dikutip dari CNNIndonesia :

  • Copenhagen, Denmark

Kota ini memiliki 249 km jalur sepeda khusus yang membuat mereka bisa bersepeda dengan tenang dan aman. Semua fasilitas olahraga seperti yoga atau bermain basket, semuanya gratis. Selain itu, suasana dan udaranya yang bersih membuat orang-orangnya memilih berjalan kaki dibanding memakai kendaraan mereka.

  • Okinawa, Jepang

Okinawa adalah gudangnya orang-orang yang berusia ratusan tahun. Menurut Okinawa Centenarian Study, rahasia umur panjang mereka terletak pada genetiknya. Genetik mereka memungkinkan mereka lebih resisten menghadapi berbagai penyakit, termasuk kanker, sakit jantung dan diabetes tipe 2. Memiliki genetik yang baik, namun mereka juga menjaga dirinya dengan berdiet sehingga BMI tubuhnya lebih rendah, yaitu 18-22. Diet mereka kaya dengan makanan hijau, kuning, sayuran, ubi, kedelai dan ikan. Mereka pun jarang makan daging merah, tidak merokok dan sering minum air putih.

Tingkat stres yang rendah, kekuatan hubungan keluarga dan optimis adalah faktor yang paling penting untuk hidup sehat dan panjang umur.

  •  Monte Carlo, Monaco

Kota yang dikenal dengan angka kematian bayi terendah didunia. dengan estimasi angka kematian sekitar 1,81 kematian per 1000 kelahiran. Menteri kesehatan dan sosial Monaco memberikan fasilitas kesehatan yang luas di negeri ini.

  • Vancouver, Kanada

Kota yang penduduknya lebih memilih berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan pribadi. Dinobatkan sebagai kota dengan udara terbersih di dunia.

Vancouver mengadopsi sistem Greenest City 2020 Action Plan pada tahun 2011 lalu. Hal ini bertujuan untuk membuat wilayah metro Kanada menjadi kota yang paling ramah lingkungan di dunia. Warga pun memiliki akses mudah ke ruang hijau, laut, dan pegunungan. Secara keseluruhan, Vancouver sudah mengalami penurunan karbon enam persen sejak tahun 1990.

  •  Singapura

Menurut buku Affordable Excellence: The Singapore Healthcare Story dari Haseltine, Pemerintah Singapura memahami kebutuhan awal kebutuhan manusia akan kesehatan. mereka mengintegrasikan kesehatan dalam setiap aspek perencanaan kota. Perumahan, air, makanan, kualitas udara, lalu lintas jalan, taman dan lainnya dianggap sebagai bagian dari sistem kesehatan holistik.

Kementerian Kesehatan Singapura mewajibkan seluruh warga negaranya untuk memiliki tabungan kesehatan, Medisave. Tabungan ini merupakan jaminan untuk menutupi biaya masa depan ketika mereka sakit. Warga Singapura juga menerima subsidi perawatan kesehatan berdasar tingkat pendapatan.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like