Korban Bertambah, Razia Petasan Diminta Ditingkatkan

JogjaUpdate.com (31/5/17), Setiap hadirnya bulan Ramadan, biasanya diiringi dengan maraknya petasan atau sering disebut mercon. Tidak hanya menggangu namun juga membahayakan, karena itulah dilakukan razia petasan. Dan seperti dilaporkan sebelumnya, Polres Bantul menjadikan petasan sebagai sasaran utama razia.

Walau telah dilakukan razia petasan, tetap ada saja warga masyarakat dan anak-anak yang menyalakannya. Dan satu lagi jatu korban yang harus terkapar di rumah sakit akibat letusan petasan. Adalah siswa kelas IV SD asal Dusun Sewon, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul yang harus mendapatkan perawatan intensif di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Dari kejadian ini, Langgeng, ayah korban, meminta pihak berwajib untuk lebih menggalakan razia petasan ini. Menurutnya, peredaran petasa ini sudah samakin meresahkan masyarakat. Selain menggangu dan membahayakan pengguna jalan, petasan juga membahayakan keselamatan orang yang menyalakannya.

Ditambah lagi, yang bermain atau menyalakan petasan ini kebanyakan dari anak-anak. Razia harus terus dilakukan, jangan sampai ada lagi yang jatuh korban. “Apalagi, kebanyakan yang bermain petasan itu kan anak-anak. Jangan sampai ada anak-anak lain lagi yang jadi korban,” kata Langgeng yang dirilis HarianJogja.com.

Menanggapi kejadia ini, Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariyadi mengungkapkan kalau pihaknya sudah melakukan beberapa upaya. Dari upaya preventif maupun represif yang memperdayakan Babinkantibmas di masing-masing Desa. Juga memasang sejumlah sepanduk himbauan, hingga menyiapkan tim khusus operasional untuk melakukan monitoring.

Diungkapkannya, beberapa titik telah masuk dalam pemetaan sebagai lokasi potensi digunakan sebagai tempat menyalakan petasa. Di antaranya adalah Ringroad Banguntapan, Manding, Parangtritis, Pasar Seni Gabusan, serta Stadion Sultan Agung. Dan telah beberapakali melakukan penertiban di lokasi-lokasi tersebut.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like