Jumlah Wisatawan Di Gunungkidul Meningkat 5 Kali Lipat

JogjaUpdate.com (29/3/17), Libur akhir pekan yang berdekatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi ini membawa keuntungan bagi sektor pariwisata Jogja. Khususnya di wilayah Kabupaten Gunungkidul, yang dipadati ribuan wisatawan di sejumlah objek wisata. Jumlah wisatawan di Gunungkidul ini meningkat hingga lima kali lipat.

Data ini berdasatkar dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Utama Pantai Baron. Dimana hingga Selasa (28/3/2017) siang, sudah lebih dari 3 ribu wisatawan memadati kawasan tersebut. Jumlah wistawan di kawasan ini meningkat lima kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Seperti yang dirilis HarianJogja.com, Koordinator Petugas Retribusi Utama Pantai Baron, Supardi menyebut jumlah pengunjung meningkat sampai lima kali lipat. “Jumlah meningkat lima kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa yang hanya sebanyak 500 hingga 600 wisatawan,” kata dia pada Selasa (28/3/2017).

Untuk mengantisipasi liburan panjang ini, pihak TPR juga melakukan penambahan personel jaga. Hal ini dipersiapkan untuk mengantisipasi antrian yang terlalu panjang dalam pembayaran retribusi. Yang biasanya dilayani oleh enam orang petugas saja, untuk kali ini dikerahkan hingga 11 petugas.

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono, peningkatan jumlah wisatawan di Gunungkidul ini sudah terjadi sejak hari Jumat (24/3). Hingga hari terakhir libut panjang pada Selasa (28/3) siang, jumlah wisatawan masih terus mengalami kenaikan.

Dari data Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, di sejumlah objek wisata pantai, pada hari Minggu (26/3/17) tercatat lebih dari 30.961 wisatawan. Harry juga menambahkan kalau diperkirakan puncak kunjungan wisatawan terjadi pada hari Selasa, yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi.

Objek Wisata Favorit

Ditambahkan pula oleh Harry, hingga kini kawasan wisata pantai masih menjadi yang terfavorit bagi wisatawan. Kemudian disusul dengan objek wisata minat khusus seperti Gua Pindul, Gua Tanding, Gunung Api Purba Nglanggeran. “Objek yang dominan itu masih di pantai. Hingga Selasa (28/3/2017) pantai yang paling ramai,” ungkap Harry.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like