Jebul Korea Utara Punya Channel Youtube, Seperti Apa Videonya?

JogjaUpdate.com (21/8/17), Seperti diketahui, selama ini negara Korea Utara bembatasi dirinya dari pergaulan internasional. Bahkan akses internet pun dibatasi, hanya beberapa situs yang bisa diakses. Namun ternyata, Korea Utara punya channel Youtube lho! Kira-kira video seperti apa yang mereka unggah?

Tidak ada yang mengira channel Youtube bernama North Korea Today (DPRK News Channel) ini telah aktif sejak tahun 2007. Dan video-video yang diunggah sebagian telah berjudul dan menggunakan bahasa Inggris. Video yang diunggah juga bermacam-macam, dari latihan militer, berita, lagu Korea Utara, pertunjukan di Korea Utara, pabrik, kartun, hingga resep masakan.

Memang sebagian besar isi dari video tersebut bernada memuja Korea Utara beserta dengan para pemimpin negara tersebut. Namun sayangnya, video-video yang diunggah ke channel ini masih memiliki kualitas yang rendah. Video tersebut kebanyakan masih beresolusi 240p dan 360p, sehingga gambarnya tidak terlalu jelas.

Beberapa video yang diunggah Korea Utara ini tidak sedikit membingungkan para warganet. Apa saja videonya?

1. Korea Utara Siap Perang Nuklir

Dalam video berjudul DPRK are Ready for Nuclear War! ini menampilkan parade tentera Korea Utara siap untuk perang nuklir. Nampak juga dipamerkan deretan persenjataan Korea Utara lengkap dengan berbagai macam rudal dan peluru kendali.

 

2. Wanita Korea Selatan Iri Dengan Wanita Korea Utara

Video lain berjudul Women in South Korea Envy the North Korean Women, menampilkan gambar-gambar wanita Korea Utara dengan narator berbahasa Inggris. Narator mengatakan jika para wanita di Korea Utara sangat mandiri dan seperti pahlawan. Makanya para wanita di Korea Selatan jadi iri dengan wanita di Korea Utara.

 

3. Hotel Ryugyong di Korea Utara

Ada pula video berjudul Ryugyong Hotel / DPRK Places, yang niatnya memamerkan bangunan Hotel Ryugyong  yang megah. Bukanya memamerkan isi dan fasilitas di dalamnya, malah cuma melihat gedung dari kejauhan saja. Bahkan tidak ada pergerakan kamera, cuma ada lantunan musik saja.

 

4. Video Game Pyongyang Racer

Yang tidak kalah aneh, adalah video berjudul North Korean Videogame – Pyongyang Racer yang memamerkan video game buatan mereka. Video game berjudul Pyongyang Racer ini cara memainkan game ini hanya dengan menjalankan mobil di jalanan kota Pyongyang. Dan akan muncul Polwan cantik jika melakukan kesalahan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like