Indonesia Akan Gunakan Standar Emisi Euro 4

JogjaUpdate.com (3/4/17), Wacana untuk meningkatkan standar emisi gas buang pada kendaraan bermotor talah lama dicanangkan. Dan kabar terbarunya, Indonesia akan segera menerapkan standar emisi Euro 4. Dimana selama ini kita masih menggunakan standar emisi Euro 2.

Hal tersebut diberlakukan melalui kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan Peraturan Menteri lingkungan hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau lebih dikenal dengan Euro 4.

Setelah diwacanakan sejak tahun 2012 yang lalu, akhirnya kini Indonesia melakukan perubahan standar emisi Euro 2 ke Euro 4. Karliansyah, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan, mengatakan, kalau perubahan standar emisi Euro II ke Euro IV jadi pilihan tepat untuk menurunkan beban emisi.

Menurut yang dirilis Kompas.com, pemberlakuan standar baru ini akan dilakukan dalam dua tahap. “Di sini ada dua tahapan, pertama untuk kendaraan bermesin bensin mulai berlaku efektif 18 bulan lagi (September 2018), sementara untuk kendaraan diesel empat tahun ke depan, sejak Permen ditandatangai pada 10 Maret,” ujar Karliansyah

Menurut yang dirilis Detik.com, Permen tersebut telah disetujui dan ditandatangni oleh Menteri Perekonomian dan telah dicanangkan pada 10 Maret 2017. Karliansyah mengatakan, kalau terbitnya aturan ini sempat tertunda sejak 2014, karena Pertamina merasa belum mampu menyediakan bahan bakar yang memenuhi persyaratan ini.

Permen tentang perubahn standar emisi ke Euro 4 ini akan berlaku untuk tiga kategori kendaraan bermotor. Yaitu kendaran bermotor kategori M kendaraan roda empat atau lebih untuk angkutan orang, kategori N angkutan barang, dan O kendaraan bermotor penarik untuk gandengan atau tempel.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like