Gelombang Di Pantai Selatan Bantul Meninggi, Warga Diharapkan Waspada

JogjaUpdate.com (12/5/17), Pantai Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikenal dengan ombak yang membahayakan, sehingga membutuhkan pemantauan lebih. Dan baru-bru ini, gelombang di pantai selatan Bantul diprediksi aman meninggi dalam beberapa waktu kedepan.

Karena itulah, masyarakat yang beraktivitas di pesisir pantai diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaanya. Menurut yang dirilis Jogja.Tribunnews.com, kemarin hari Rabu (10/5/17), di pantai Depok, Kretek, Bantul, kondisi gelombang cukup tinggi dan air bisa mencapai dekat bangunan yang ada di pinggir pantai.

Dan pada hari Kamis (11/5/17), Komandan SAR Parangtritis, Ali Joko Susanto mengungkapkan adanya peningkatan gelombang. Padahal saat itu kondisi pantai sangatlah ramai. “Kondisi pantai sangat ramai untuk gelombang ada peningkatan(ketinggian berkisar) 4-5 meter,” ujar Ali.

Menurutnya, peningkatan gelombang di Pantai Parangtritis ini sudah terjadi beberapa hari yang lalu. Gelombang tinggi ini pastinya membahayakan bagi masyarakat yang beraktifitas di tepi pantai. Karena itula, Ali mengharapkan masyarakan di kawasan pantai untuk lebih waspada.

Senada dengan itu, Kepala Kelompok Operasional Stasiun Klimatologi Mlati, Yogyakarta, Djoko Budiyanto mengatakan pada Minggu-minggu ini, gelombang masih cenderung cukup tinggi. Menurutnya, gelombang tinggi ini diakibatkan karena kuatnya angin timuran dari Samudera Hindia yang berada di sealatan Pulau Jawa.

Djoko pung mengungkapkan kalau untuk tanggal 12 hingga 13 Mei ini, tinggi gelombang diprekdisi sekitar 2-3 meter. Kondisi tinggi gelombang di pantai selatan Bantul ini masuk dalam kategori cukup tinggi. Untuk itu masyarakat diharapkan tetap waspada dalam beraktivitas di pantai.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like