Gagal Registrasi Kartu Prabayar? Ini Yang Bisa Kamu Lakukan

JogjaUpdate.com (28/02/18), Waktu registrasi ulang kartu seluler (SIM) prabayar berakhir pada 28 Februari 2018. Setelah itu, jika belum melakukan registrasi ulang akan dilakukan pemblokiran secara bertahap. Bagaima jika sampai batas akhir namun tetap gagal registrasi kartu prabayar?

Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak Oktober 2017 telah mewajibkan pemilik kartu prabayar melakukan registrasi menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) melalui SMS, internet, atau gerai setiap operator.

Baca: Ini Tahapan Pemblokiran Jika Telat Registrasi Kartu SIM

Namun masih banyak keluhan gagalnya melakukan registrasi ulang, walaupun sudah menggunakan data yang benar. Jika masih gagal registrasi ulang kartu prayabar, jangan langsung panik. Masih ada beberapa solusi dan alternatif lain untuk melakukan registrasi.

Yang pertama, dicoba mengulang mendaftar melalui SMS ke 4444 sampai lima kali. Jika lima kali kirim SMS masih tetap gagal, biasanya akan muncul pesan berisi tindakan yang mesti dilakukan. Pesan yang muncul akan beragam, kartu Anda bisa disebutkan telah aktif tapi tetap harus mengulangi pengiriman data.

Jika muncul pesan yang menyebut informasi NIK dan nomor KK yang dimasukkan salah atau tidak terdaftar, sebaiknya melakukan konfirmasi ke layanan pelanggan Ditjen Dukcapil HALO DUKCAPIL melalui panggilan telepon ke 1500-537, atau melalui Facebook Ditjen Dukcapil, Twitter @ccdukcapil, dan e-mail callcenter.dukcapil@gmail.com.

Baca: Registrasi Kartu SIM Prabayar Itu Program Resmi Dan Tidak Kena Pulsa

Alternatif cara lain utuk melakukan registrasi ulang adalah dengan mendatangi langsung gerai operator dan internet. Datangi gerai operator seluler kamu yang terdekat untuk melakukan pendaftaran secara manual dan mengisi surat pernyataan.

Selain melalui SMS, operator telekomunikasi Indosat, XL Axiata (XL), Telkomsel, Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren juga melayani pendaftaran kartu prabayar melalui situs resmi mereka. Bagi pengguna yang gagal registrasi kartu prabayar juga bisa mencoba melakukannya di situs tersebut.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like