Dari Hasil Penelitian, 100 Bakso di Jogja Bebas Dari Bahan Berbahaya

JogjaUpdate.com (28/9/17), Bakso adalah salah satu kuliner yang digemari banyak orang. Sampai-sampai ada anggapan rasa bakso itu ada dua, enak dan enak banget. Namun sayang ada beberapa oknum yang memanfaatkan untuk mengambil untung banyak dengan cara menambahkan bahan-bahan berbahaya.

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Fakultas Teknologi Pertanian pun mencetuskan Gerakan Pangan Aman (GPA). Di mana gerakan ini melakukan penelitian pada 100 pedangan bakso di Jogja. Dan hasil dari penelitian ini, 100 pedagang bakso ini tidak satupun terbukti positif mengandung bahan berbahaya.

Bahan seperti formalin, borak, zat pewarna berbahaya, dan daging tikus tidak ditemukan. “Sampel pedagang bakso yang kami teliti lokasinya ada di Sleman dan Kota Jogja. Kami memilih pedagang bakso yang paling laris dan rame. Hasilnya semuanya aman. daging sapi yang dipakai benar-benar daging sapi,” jelas Ketua Kagama FTP, Saiful Rochdyanto.

Menurut yang dimuat HarianJogja.com (28/9/17) penelitian ini dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus tahun 2017 ini dengan tanpa sepengetahuan pedagang sama sekali. Tim yang diterjunkan di lapangan membeli sebungkus bakso pada tempat yang sesuai kriterian. Kemudian dilakukan pengujian pada bakso tersebut.

Sebenarnya untuk pengujian makanan adalah tugas instansi pemerintah seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Namun Saiful mengungkapkan, pihaknya tetap ingin mengedukasi masyarakat dengan untuk mencari tahu bakso yang mereka beli diproduksi dengan baik atau tidak.

Untuk pedagang bakso di Jogja yang sudah dinyatakan bebas dari bahan berbahaya, GPA Kagama FTP memberikan sertifikat dan stiker Produk Pangan Aman. Dengan keberadaan stiker ini, diharapkan masyarakat bisa menggunakan sebagai referensi dalam menentukan pilihan bakso mana yang dikonsumsi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like