CCTV Mati, Maling Leluasa Gasak Uang di Kantor DPRD Jogja

JogjaUpdate.com (24/11/17), Dilaporkan, belum lama ini Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta kemalingan. Seorang staf Sekretariat kehilangan uang di laci ruang komisi B. Sayangnya kamera CCTV mati saat maling gasak uang di kantor DPRD Jogja.

Menurut yang dimuat HarianJogja.com (23/11/17), Edi Wijayanti sebagai notulis Komisi B kehilangan uang pada Rabu (22/11/2017) sore. Uang pribadinya yang hilang totalnya Rp10 juta. Saat itu ia menyimpan dompet di laci meja kerjanya yang berisi uang tunai Rp5 juta.

Pada malam harinya sekitar pukul 22.00 WIB ia mendapat SMS banking pengambilan uang sebesar Rp5 juta dengan dua kali pengambilan. Ia baru menyadari menjadi korban pencurian karena dompet berikut kartu ATM ia tinggal di kantor DPRD Jogja.

Edi menyerahkan kasus ini kepada pihak Kepolisian. Polisi juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pada Rabu tengah malam. Tim identifikasi dari Polresta Jogja kembali olah TKP pada Kamis. Namun Polisi belum bisa menyimpulkan pelaku pencurian tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Iptu Supatno mengatakan, pihaknya sudah meminta keterangan sejumlah saksi dari sekretariat dewan. Pihaknya juga telah memeriksa sejumlah CCTV di lokasi kejadian, namun sayangnya tidak berfungsi.

Namun Supatno juga mengungkapkan sudah ada beberapa yang patut dicurigai dalam kasus pencurian uang di kantor DPRD Jogja ini. “Tapi ini masih kita selidiki soalnya hasil kerja identifikasi Polres juga belum keluar,” kata Supatno.

Bukan hanya Edi yang kehilangan, salah seorang staf lain di sekretariat dewan juga mengaku kehilangan uang di kantor DPRD Jogja. Sebelumnya di ruangan bagian persidangan juga hilang, namun karena hilangnya hanya Rp1-3 juta sehingga tidak menjadi perhatian.

Tidak berfungsinya CCTV ini menyebabkan area dewan kurang terawasi. “Ada 40 titik CCTV tapi yang hidup hanya beberapa, kebanyakan tidak berfungsi. Termasuk CCTV bagian depan yang menghadap ke jalan itu mati,” ungkap salah seorang satpam.

Sekretaris DPRD Kota Yogyakarta Prima Hastawan mengatakan dari banyaknya CCTV yang ada hanya beberapa yang aktif. Ia menambahkan CCTV merupakan kewenangan bagian umum dan rumah tangga. Namun bagian pemeliharaan CCTV sedang tugas keluar kota.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like