Cara Unik Hotel Sheraton Yogyakarta Merayakan Hari Batik

Yogyakarta, (03/10/14) Penetapan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, menjadikan pemerintah mengukuhkan setiap tanggal 2 Oktober adalah Hari Batik Nasional. Batik mampu menampilkan kerumitan proses pembuatannya dengan falsafah dan doa-doa yang terkandung didalam setiap goresannya. Dari fungsi pernikahan, kehamilan, kelahiran, acara sakral hingga duka cita; keseluruhannya memiliki corak dan motif yang berbeda.

Sheraton Mustika Yogyakarta sebagai resort yang dibangun kokoh atas soko guru Keraton Jawa – Solo dengan arsitektur megah dan ukiran rumitnya, tidak pernah melewatkan perayaan akan warisan budaya asli Indonesia ini. Tak luput pula, aksen Batik digunakan pula pada desain-desain seragam untuk seluruh karyawan operasional yang digunakan hampir setiap harinya.

Dan di tiap tahunnya setiap tanggal 2 Oktober – terhitung mulai tahun 2009 lalu, budaya untuk mengenakan Batik terbaik masing-masing karyawan karyawati selalu dilaksanakan pada peringatan Hari Batik Nasional.

Pada peringatan kali ini, Sheraton Mustika Yogyakarta menghadirkan terobosan pengenalan Batik melalui karya cipta kulinernya yang manis. Kue Brownies dengan coklat batangan yang dibubuhi motif Batik, dibuat langsung oleh Pastry Chef Uuk dari dapur coklatnya untuk rekan-rekan media Yogyakarta dan tamu SPG Suites.

Menurut Pastry Chef Uuk, “Filtrasi budaya melalui sisi kuliner, masa kini sedang digandrungi oleh seluruh lapisan masyarakat. Bila Batik sebelumnya hanya dilukis di lembaran kain, saat ini saya coba untuk membuat motif Batik tak hanya dapat dinikmati estetikanya, namun juga dapat dirasakan dalam lembaran batang coklat yang lembut.” . Kue bermotif batik ini juga tersedia di The Cake Shop bagi tamu dan umum yang berminat untuk mendapatkannya, hanya dengan IDR 24.000 saja per potongnya.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like