Bupati Kulonprogo Tegaskan NYIA Tidak Butuh Jalan Tol

JogjaUpdate.com (19/7/17), Senada dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menegaskan wilayahnya tidak membutuhkan jalan tol. Termasuk untuk pendukung akses ke New Yogyakarta International Airport (NYIA) tidak memerlukan tol.

Seperti yang diberitakan HarianJogja.com (18/7/17), Hasto mengungkapkan  akses jalan dari dan menuju NYIA sudah cukup dengan adanya pembangunan jalur kereta, Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), dan bedah menoreh yang akan menghubungkan Kulonprogo dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Jawa Tengah.

Sultan: Yogyakarta Tidak Butuh Tol

Setelah sebelumnya mengungkapkan menolak pembangunan jalan tol di wilayah DIY, kini Sultan menegaskan kembali sikapnya. Seperti yang diberitakan Jogja.Tribunnews.com (19/7/17), Sultan mengunkapkan alasan mengapa DIY dan bandara baru di Kulonprogo nanti tidak membutuhkan jalan tol.

Pertama; Yogyakarta telah memiliki modalitas transportasi yang lebih dari cukup. Kedua; tol dinilai akan menutup akses perekonomian masyarakat yang menggantungkan hidup dari berjualan di tepi jalan. Oleh sebab itu, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menolak adanya pembangunan jalan tol yang melintasi wilayahnya.

“Tol itu pakai bayar, masuk, jalan. Kalau bebas hambatan itu tidak bayar. Kalau perkara (tol) Yogya-Solo nanti (diusulkan) elevated di atas jalan yang ada. Kalau (misalkan) pinggire ra mungkin ono sing dodol (tidak bisa digunakan untuk berjualan), (hendak di)pakai tol, monggo,” ungkap Sultan.

Sultan juga menambahkan kalau dengan adanya tol nanti akan tertutup dan tidak akan ada kendaraan yang berhenti untuk membeli dagangan masyarakat sekitar. “Kalau tol itu ditutup (kiri kanannya), sehingga tidak ada orang jualan kecuali di tempat yang telah ditentukan,” tambah Sultan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like