Berteduh Karena Kepanasan di Halte Portabel Trans Jogja, Calon Penumpang Ketinggalan Bus

JogjaUpdate.com (4/10/17), Seperti diketahui, layanan bus Trans Jogja masih terus mengembangkan dirinya. Penambahan halte portabel Trans Jogja pun dilakukan untuk lebih banyak menjangkau penumpang. Namun masih ada keluhan dari masyarakat terkait dengan kondisi halte portable ini.

Tidak seperti halte Trans Jogja pada umumnya, halte portabel ini sangat sederhana hanya untuk naik dan turun saja. Sehingga tidak tersedia atap untuk berteduh calon penumpang dari panas maupun hujan. Hal inilah yang sering menjadi keluhan oleh para calon penumpang bus Trans Jogja.

Menurut yang dimuat HarianJogja.com (3/10/17), Kepala UPT Trans Jogja Dinas Perhubungan DIY, Sumaryoto mengungkapkan adanya keluhan dari penumpang ini. Ia menceritakan, ada masyarakat yang hendak naik bus Trans Jogja dari halte portabel. Namun karena panas, orang tersebut menunggu sambil berteduh.

“Supir bus akhirnya tidak melihat ada penumpang sehingga mengambil jalur tengah. Pas didekat halte baru dilihat ternyata ada penumpang, tapi kalau langsung ambil kiri tentu bahaya. Akhirnya penumpang tersebut tidak terangkut,” ungkap Sumaryoto.

Dari kasus ini, Sumaryoto mengungkapkan pihaknya sedang mempertimbangkan penanda ada tidaknya penumpang di halte portabel Trans Jogja. Misalnya seperti lampu penanda yang bisa menunjukan ada calon penumpang di halte portabel tersebut, sehingga bus tetap akan berhenti.

Sumaryoto menambahkan, saat ini lampu penanda tersebut sedang dalam proses desain. Nantinya lampu penanda ini akan menggunakan sumber daya sinar matahari sebagai sumber tenaga. Secara umum lampu tersebut akan di pasang di tuang, dan penumpang yang ingin naik tinggal memencet tombol untuk menunjukan kehadirannya.

Wacana penambahan lampu penanda ini kemungkinan besar baru bisa direalisasikan saat Anggaran Pendapatan dan Belanja Derah perubahan 2017 selesai dibahas. Menurut Sumaryoto setidaknya sekitar Bulan November mendatang baru bisa mewujudkan rencana lampu penanda ini.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like