Beragam Tanggapan Terhadap Pengunduran Diri Rektor UII

JogjaUpdate.com (27/01/17), Seperti diberitakan, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. telah mengundurkan diri. Terkait kabar ini, JogjaUpdate telah melakukan polling di Twitter untuk mendapatkan tanggapan dari para Netizen Jogja. Lalu bagaimana dengan tanggapan para Netizen Jogja terhadap pengunduran diri Rektor UII?

Melihat hasil dari polling dan pantauan di timeline Twitter, ternyata beragam tanggapan netizen Jogja. Banyak yang mengapresiasi dan mendukung atas keputusan Haryoso ini. Namun banyak juga yang menyayangkan bahkan menolak keputusannya. Banyak yang menganggap ini bukan kesalahan dari sang rektor, melainkan kesalahan senior Mapala.

Dari 2519 voter, mayoritas memilih untuk tidak setuju atas pengunguran diri Rektor UII. Ada 49% yang memilih untuk tidak setuju, sedangkan yang setuju ada 39%. Dan sisanya ada 12% voters yang memilih netral tidak mempunyai pendapat atas kejadian ini. Berikut ini hasil polling JogjaUpdate di Twitter:

Berikut ini beberapa tanggapan para Netizen di Twitter:

Sedangkan dari sisi Mahasiswa UII sendiri banyak yang menolak pengunduran diri Rektor mereka. Kamis sore (26/01/17), ratusan Mahasiswa UII berkumpul di Kampus UII Cik Ditiro, Yogyakarta. Mahasiswa UII ini memberikan simpati atas tragedi ini dan dukungan penuh pada rektorat, selain itu juga menolak pengunduran diri Haryoso.

Pengunduran diri Rektor UII ini terkait dengan meninggalnya tiga mahasiswa dalam Diksar Mapala UII. Seperti yang diberitakan Kompas.com (26/01/17), sebagai pertanggungjawaban moral, Harsoyo mengundurkan di hadapan Menristek Mohammad Nasir dalam rapat tertutup dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah V Yogyakarta.

Diksar Mapala UII

Seperti yang diberitakan jateng.tribunnews.com (26/01/17), Diksar Mapala UII ini menelan tiga korban meninggal dunia. Ketiga korban yakni, Muhammad Fadli (20) meninggal saat hendak dibawa ke Puskesmas Tawangmangu, Jumat (20/01/2017). Dua korban meninggal di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta, Syaits Asyam (19), Sabtu (21/01/2017) serta Ilham Nurfadmi Listia Adi (20), Senin (23/01/2017).

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like