Bantul Tertibkan Papan Reklame Yang Langgar Aturan

JogjaUpdate.com (30/3/17), Pemerintah Kabupaten Bantul tertibkan papan reklame yang ilegal dan melanggar aturan. Dari hari ini, Kamis (30/3/17), diawali dengan pelepasan iklan rokok pada papan reklame di simpang empat Gose, Kecamatan Bantul. Dan berlanjut penyisiran sekaligus penertiban di tempat lain.

Bupati Bantul Suharsono sendirilah yang memimpin penertiban papan reklame ini. Suharso juga menginstruksikan kepada instansi terkait untuk melakukan pendataan terhadap keberadaan papan-papan reklame tersebut. Dan sejauh ini sudah ada beberapa laporan belasan papan reklame ilegal dengan tinggi lebih dari 10 meter dan ukuran lebih 5 x 8 meter.

Menurut yang dirilis HarianJogja.com, Tidak hanya papan reklame yang tidak berizin yang ditertibkan, namun juga papan remklame berizin namun penempatannya melanggar aturan. “Akan kami tertibkan. Di semua wilayah Bantul. Contohnya di Gose ini. Nanti akan kami sisir juga di wilayah sekitar Brimob Gondowulung yang terlihat semrawut,” kata Suharsono.

Pelanggaran aturan papan reklame yang dilanggar antara lain pemasangan iklan rokok di dekat bangunan sekolah dan tempat ibadah. Dimana menurut Kepala Satpol PP Bantul Hermawan Setiaji, iklan rokok tidak boleh berada di radius 200 meter dari bangunan terluar sekolah dan tempat ibadah.

Hermawan mengungkapkan menurut datanya ada 15 titik yang ditertibkan. Namun ia juga memperkirakan masih terdapat lebih dari 50 titik papan reklame yang bermasalah lainnya. Dimana pihaknya akan memanggil pengusaha pemilik papan reklame tersebut. konten pengisi papan reklame, pihaknya hanya memberlakukan penurunan paksa saja.

Seperti diketahui, sesuai Perda Bantul No.20/2015 pasal 6, papan reklame dan media informasi lainnya dilarang dipasang di trotoar, median jalan, jembatan yang bisa membahayakan konstruksi jembatan dan keselamatan pengguna jalan, portal jalan, pohon, tiang listrik, tiang telepon, fasilitas APILL, dan LPJU.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like